Windows

Tips Cara Update Windows 8.1

Kalau Anda tidak bisa update kemungkinan ini salah satu sebabnya

Windows 8.1Microsoft telah resmi melepas sistem operasi Windows 8.1. OS versi upgrade ini telah dibekali dengan berbagai fitur tambahan dan perbaikan untuk memanjakan pengguna.

Pengguna bisa ketemu kembali dengan tombol start dan memungkinkan komputer untuk kembali ke antarmuka desktop tradisional.

Microsoft juga menghadirkan shortcut keyboard, dimana pengguna bisa mengatur untuk memisahkan keyboard kata dan angka.

Termasuk untuk mengatur ukuran tiles, mau disesuaikan jadi lebih besar atau memilih untuk tak terlalu banyak kotak-kotak.

Nah, penasaran ingin mencicipi Windows 8.1. Ini cara untuk meng-upgrade-nya, baik itu untuk pengguna Windows 8, 7, Vista, hingga XP:

- Windows 8
Bagi Anda pengguna Windows 8, versi upgrade Windows 8.1 bisa didapat secara gratis. Namun sebelumnya, Anda disarankan untuk melakukan back up data dan melakukan update driver.

Selain itu, pastikan pula media penyimpanan di komputer Anda cukup lapang, sebab Windows 8.1 membutuhkan space sekitar 3 GB.

Untuk mengunduhnya, silakan masuk ke Microsoft Store. Masuk ke menu Charms –> pilih Setting –> klik ‘Your Account’ –> sign in. Kemudian, pilih menu ‘Update to WIndows 8.1 dor free’ di Windows Store.

Jika pilihan tersebut tidak tersedia, maka Anda harus melakukan update Windows Patch terlebih dahulu. Caranya, kembali ke meu Start dan masuk ke Charms bar. Selanjutnya pilih Setting –> Change PC Setting –> klik Windows Update.

Jika ada patch yang harus di-update, maka lakukan instalasi dan restart komputer Anda.

Dan jika langkah di atas telah Anda lakukan namun download Windows 8.1 belum kunjung muncul, bersabarlah sejenak. Sebab Microsoft juga butuh waktu untuk mengirimkan update ke berbagai segmen pengguna.

- Windows 7
Sementara bagi pengguna Windows 7, upgrade Windows 8.1 bisa dilakukan melalui fitur Upgrade Assistant Microsoft. Windows 8.1 Home dijual dengan harga USD 119,99, sedangkan Windows 8.1 Pro bisa didapatkan dengan harga USD 199,99. OS ini bisa dibeli secara online lewat digital download atau membeli kepingan DVD-nya di toko.

Spesifikasi minimum yang dibutuhkan untuk Windows 8.1 adalah prosesor 1 GHz, RAM 1 GB untuk versi 32 bit atau 2 GB untuk 64 bit dan kartu grafis yang sudah mendukung DirectX 9.

Settingan Windows, file personal dan sebagian besar aplikasi bisa ‘diamankan’ ketika ingin update dari Windows 8 ke versi 8.1.

Hanya saja, bagi pengguna Windows 7 yang ingin naik kelas ke Windows 8.1 cuma file personal yang bisa terbawa, settingan dan aplikasi yang sebelumnya sudah terinstal akan otomatis terhapus.

- Windows XP/Vista
Lantas, bagaimana dengan pengguna versi Windows yang lebih lawas lagi, XP dan Vista? Bukan tidak bisa, tetapi cuma lebih repot.

Proses instalasi tidak bisa dilakukan secara online lewat digital download, tetapi harus menggunakan keping DVD Windows 8.1. Singkatnya, harus instal ulang.

Windows 8.1 bisa dibeli di berbagai toko komputer dan software dengan harga USD 119,99 untuk versi Home dan USD 199,99 untuk Pro.

Dan sekali lagi, sangat disarankan untuk melakukan back up data terlebih dahulu sebelum melakukan proses upgrade. Apalagi untuk versi Windows XP dan Vista, karena harus diinstal ulang, tak akan ada file atau aplikasi yang akan terselamatkan saat proses upgrade ke Windows 8.1 dilakukan.

***********

Penyebab tidak bisa lakukan update Windows 8.1

Banyak pengguna Windows 8 yang saat ini menerima notifikasi untuk melakukan upgrade ke Windows 8.1. Namun tak sedikit pula dari mereka yang tidak mendapatkan notifikasi tersebut, bahkan tak bisa upgrade sama sekali.

Menurut situs Microsoft, Windows 8.1 memang sejatinya bisa di-download secara gratis untuk para pemilik lisensi resmi Windows 8. Ini berarti, siapa pun yang memiliki versi bajakan sistem operasi itu tidak bisa melakukan upgrade secara otomatis.

“Beberapa edisi Windows 8 memang tidak bisa update secara gratis ke Windows 8.1. Versi yang dimaksud antara lain, Windows 8 Enterprise Editions dan Windows 8 Pro yang diaktivasi melalui server KMS. Jika Anda menggunakan kedua versi itu maka Anda tidak bisa update melalui Windows Store” tulis keterangan Microsoft.

Windows 8.1 sendiri sudah resmi dirilis Microsoft mulai hari ini, Jumat (17/10/2013). Sistem operasi ini coba menghadirkan beberapa fitur yang tidak ada pada seri sebelumnya seperti tombol Start, dukungan printer 3D, dual screen, dan beberapa fungsi lainnya. ref:detikInet

Simak terus tentang info gadget terbaru.

Gadget-baru.com mencoba mengupas dan memberikan info tentang pergadgetan terkini.

Categories

Archives

Stats

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top