Techno

Xiaomi Gunakan Prosesor Baru Buatan Sendiri, Lebih Ciamik

pineconeGadget-Baru.com | Untuk mengurangi  ketergantungan dengan perusahaan lain, perusahaan yang berbasis di China dan membawa nama Xiaomi sepertinya bakal tidak menggunakan prosesor dari Qualcomm lagi. Namun peralihan tersebut memang tidak akan berlangsung secara serentak, tapi saat ini mereka telah menyiapkan proses menuju ke sana. Perusahaan ini menggunakan langkah yang  tepat dengan menyiapkan keberadaan prosesor pengganti yang mereka sebut dengan nama Pinecone. Prosesor ini pun dibangun dengan teknologi proses 10nm, sama seperti teknologi yang dipakai dalam proses pembuatan Snapdragon 835 atau Exynos 8895.

Menurut laporan dari situs berita Cina Anzhuo, terdapat dua prosesor yang kini tengah disiapkan oleh Xiaomi, keduanya memiliki kode V670 dan V970. Kedua prosesor ini sama-sama hadir dengan delapan core Cortex-A53 dan bakal bisa menawarkan performa yang tidak kalah dibandingkan dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 808. V670, kemungkinan akan ditujukan untuk segmen bawah, sementara untuk V970 lebih banyak dipakai untuk segmen high end. Prosesor V670 terdiri dari empat core besar Cortex A53 dan empat core kecil Cortex A53 yang dibarengi dengan GPU Mali-T860 MP4 berkecepatan 800Mhz. Prosesor ini dibuat dengan teknologi proses 28nm. Kemungkinan besar, smartphone low end Xiaomi yakni Xiaomi Mi 5c bakal hadir dengan prosesor ini. Sementara itu V970 bakal menawarkan performa yang lebih tinggi, dibuat dengan teknologi proses 10nm. Prosesor ini bakal memiliki kecepatan minimal sebesar 2,0 GHz dan maksimal di angka 2,7 GHz. Sementara itu, GPU Mali 71 MP12 di dalamnya beroperasi pada kecepatan 900Mhz. Prosesor ini kemungkinan bakal dipakai oleh Xiaomi pada perangkat Mi 6s dan Mi Note 3.

Memang cukup berani langkah yang dilakukan Xiaomi dengan membuat processor baru, dimana perusahaan lain masih menggunakan produk dari Qualcomm. Mungkin kedepannya ada misi tertentu untuk memasarkan produk prosessor ini ke perusahaan lainnya.

 

Gadget-baru.com mencoba mengupas dan memberikan info tentang pergadgetan terkini.

Categories

Archives

Stats

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top