Techno

Baterai Lithium Dilengkapi Pemadam Api

baterai lithiumGadget-Baru.com | Dengan adanya permasalahan baterai yang terjadi beberapa waktu yang lalu, beberapa ilmuwan mencoba mengurai masalah ini untuk mengatasi rentannya kebakaran yang disebabkan oleh baterai yang berbahan Lithium itu.

Para peneliti dari Universitas Stanford adalah salah satunya. Mereka menemukan solusi yang jitu untuk mengatasi permasalahan baterai yang terbakar. Solusi tersebut adalah menambahkan fitur berupa pemadam api pada baterai. Dengan adanya pemadam api tersebut, kemungkinan terjadinya kebakaran smartphone atau peralatan elektronik lain akibat baterai bisa dihindari.

Menurut laporan yang dikutip dari NewAtlas, para peneliti dari Stanford ini menyematkan sebuah smartchip yang berfungsi untuk mendeteksi adanya bahaya kebakaran. Kalau smartchip tersebut kemudian mendeteksi adanya api pada baterai, selanjutnya akan memicu sistem pemadam api dalam batera tersebut. Bahan yang digunakan oleh para peneliti sebagai bahan pemadam api pada baterai tersebut adalah triphenyl phosphate atau biasa disebut TPP. Penggunaan bahan ini sebagai sarana untuk memadamkan api bukanlah yang pertama kalinya. Hanya saja, bahan ini bisa mengurangi performa dari baterai. Untuk mengatasi efek samping tersebut, para peneliti membuat sebuah lapisan pelindung yang memisahkan antara baterai dengan TPP. Lapisan ini baru akan terlepas kalau pemicu pada smartchip telah dinyalakan. Dengan adanya sistem pemadam kebakaran seperti ini, sebuah baterai akan memiliki risiko terbakar jauh lebih kecil dibandingkan sebelumnya.

Kita lihat saja hasil jerih payah dari peneliti ini yang mencoba mengembangkan keamanan dari baterai smartphone yang nantinya dapat dinikmati semua orang, bravo

Gadget-baru.com mencoba mengupas dan memberikan info tentang pergadgetan terkini.

Categories

Archives

Stats

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top