Techno

Cara Membedakan Charger Asli dan Palsu

chargerGadget-Baru.com| Penggunaan charger tidak lepas dari smartphone karena perangkat ini butuh daya untuk menjalankan semua aplikasi yang dibawanya. Terkadang kita menghilangkan charger atau charger itu rusak tanpa bisa diservice tentunya kita harus membeli charger baru.

Berikut ini Tips Mudah Cara Membedakan Charger Asli dan Palsu

Dalam menggunakan charger tentu ada hal penting yang perlu anda perhatikan yaitu keaslian charger tersebut memang benar-benar asli atau palsu.

Hal tersebut tentu penting karena bisa mempengaruhi pengisian daya smartphone. Charger yang asli juga akan membuat baterai smartphone bisa bertahan lama dan awet dari kerusakan. Hati-hati ketika anda salah memilih charger palsu yang digunakan untuk mengisi daya smartphone karena akan mengancam baterai smartphone tersebut dan cepat rusak.

Charger asli atau charger original adalah charger yang asli bawaan dari smartphone tersebut dalam satu kemasan. Namun, kadang kala seiring berjalannya waktu bisa saja charger itu rusak ataupun hilang sehingga kita perlu membeli charger lagi untuk menggantikannya. Disinilah penting untuk diperhatikan apakah charger yang dibeli asli atau paslu. Hati-hati karena di pasaran juga banyak beredar charger paslu yang harganya memang lebih murah dari charger asli.

Nah, untuk bisa membedakan charger asli atau palsu, anda dapat mengikuti tips dibawah ini :

1. Bawalah Adapter charger asli ketika membeli
Ketika anda akan membeli charger, jangan lupa untuk selalu membawa adapter charger asli anda agar anda bisa memastikan bahwa adapter charger yang anda beli itu sama dengan adapter charger asli anda. Samakan semua angka yang ada pada adapter, struktur atau desain dari port USB pada adapter juga pastikan sama, pastikan bahwa tidak ada perbedaan mencolok dalam adapter yang akan anda beli. Pada umumnya, adapter yang pasli memiliki desain yang lebih ramping dan tanpa detail.

2. Gunakan Aplikasi
Sebuah aplikasi bernama Ampere merupakan aplikasi yang bisa membantu anda membedakan charger asli atau palsu, cara kerjanya adalah menghitung berapa besar daya yang masuk ke smartphone ketika di isi. Jadi ketika melakukan pengisian ulang, lihatlah berapa tegangan dan arus yang masuk ke ponsel, setelah diketahui hasilnya maka samakan dengan yang tertera pada kepala adapter charger. Apabila tidak sama maka anda patut mencurigai keaslian charger tersebut.

3. Lihatlah Kabel USB
Kabel USB pada umunya tidak hanya digunakan untuk mengisi daya baterai namun juga mentrasfer data. Tentu jika kabel tersebut palsu maka akan membuat transfer data tidak maksimal. Untuk bisa membedakan mana charger asli atau palsu, jangan lupa untuk memperhatikan tebal dan panjang dari colokan USB yang akan dibeli tersebut. Charger palsu sering kali dibekali oleh colokan USB yang lebih panjang dan lebih tebal.

4. Pilihlah Toko Resmi Untuk Membeli Charger
Pastikan toko yang anda pilih ketika hendak membeli charger adalah toko yang resmi, apalagi semakin banyaknya toko online yang sekarang beredar, maka anda harus benar-benar jeli memilih toko online yang bersitus resmi sehingga menjamin keaslian barang yang anda beli.

5. Perhatikan Harga
Biasanya, charger palsu akan dijual dengan harga yang lebih murah sehingga mudah menarik minat anda untuk membeli. Jangan sampai karena harga murah dan menawarkan fitur banyak anda justru terkecoh untuk memilih charger tersebut.

Jadi jangan terkecoh dengan penjual nakal yang menyatakan keaslian dari charger yang dijual.

 

 

Gadget-baru.com mencoba mengupas dan memberikan info tentang pergadgetan terkini.

Categories

Archives

Stats

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top