Techno

Teknologi Always On Pada Smartphone

Always OnGadget-Baru.com | Dalam persaingan memperebutkan kampium penjualan smarphone tentunya membuat semua kompetitor beramai-ramai membuat smartphone dengan teknologi terbaru. Teknologi yang saat ini diperebutkan adalah teknologi always on,

Fitur always on display menjadi bahan perbincangan yang cukup hangat karena diterapkan dalam produk terbaru dari Samsung yaitu Samsung Galaxy S7 dan juga Samsung Galaxy S7 Edge. Walaupun begitu, ide untuk menampilkan informasi walaupun layar ponsel sedang terkunci sebenarnya bukan merupakan hal yang baru karena ide ini telah diterapkan pada beberapa ponsel yang lain sebelumnya.

Salah satu ponsel yang telah menerapkan ide ini adalah Moto X dengan fitur Moto Display. Pada ponsel ini, semua informasi seperti waktu, pesan, dan email yang masuk akan bisa dilihat oleh para pemilik ponsel tanpa harus menyentuh gadget mereka. Fitur ini seakan-akan mampu merasakan kehadiran sang pemilik, sehingga saat pemiliknya mendekati, maka informasi-informasi tersebut akan muncul pada layar secara otomatis.

Konsep yang sama juga diusung oleh ponsel dari brand lain seperti OnePlus X dan juga Nokia dengan fitur mereka Glance. Google juga memperkenalkan fitur yang dinamakan Ambient Display pada OS Android versi Lollipop, yang juga menawarkan konsep yang serupa, walaupun bisa dikatakan bahwa fitur ini masih membutuhkan perbaikan dan pengembangan untuk bisa memberikan hasil yang lebih baik.

Konsep ini akhirnya dipergunakan pada produk Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge, serta pada produk LG G5. Hal ini nampaknya akan membuat fitur Always on Display akan menjadi populer dan bukan tidak mungkin akan turut dipergunakan oleh produk smartphone yang selanjutnya.

Tampilan Fitur Always on Display

Fitur ini pada dasarnya memudahkan pemilik ponsel untuk mengecek ponsel mereka untuk mengetahui waktu serta berbagai notifikasi lainnya tanpa harus membuka kunci layar dan membangunkan ponsel mereka.

Fitur ini sendiri memiliki berbagai jenis tampilan yang bisa disesuaikan dengan keinginan para pengguna. Terdapat beberapa pilihan konfigurasi untuk mengatur tampilan jam, kalender, pesan notifikasi seperti telepon, sms atau email, persentase baterai dan juga tampilan latar belakang. Terdapat 7 pilihan tampilan jam serta berbagai pilihan tampilan gambar latar belakang mulai dari latar belakang berwarna hitam hingga latar belakang dengan pola-pola unik.

Terlepas dari sistem pengaturan tampilan yang bisa diatur sesuai dengan selera pengguna, fitur ini sendiri bisa dikatakan akan sangat menolong para pengguna ponsel. Dengan fitur ini, para pemilik ponsel tidak perlu membuka kunci layar ponsel mereka hanya untuk melihat jam dan notifikasi yang ada. Walaupun terkesan sangat sederhana, fitur ini akan sangat bermanfaat dan pastinya akan memberikan tingkat kenyamanan yang lebih terhadap para pengguna. Para pemilik smartphone Galaxy S7 yang memiliki fitur ini akan sangat terbantu, dan saat mereka sudah terbiasa dengan fitur ini, maka akan sulit bagi mereka untuk beradaptasi kembali dengan ponsel lain yang tidak memiliki fitur ini.

Fitur Always on Display dan Daya Tahan Baterai

Salah satu hal yang menjadi pertanyaan banyak orang berkaitan dengan keberadaan fitur ini adalah mengenai daya tahan baterai pada ponsel tersebut. Smartphone dengan fitur yang selalu menampilkan informasi-informasi tersebut pada layar ponsel terkesan sebagai fitur yang akan menyedot penggunaan baterai. Kekhawatiran ini memang cukup beralasan, namun para teknisi yang mengembangkan fitur ini telah memikirkan segala sesuatunya.

Sebagai contoh, produsen LG G5 sendiri mengatakan bahwa fitur ini akan membuat layar ponsel hidup, namun persentasenya sangatlah kecil, sehingga tidak akan berdampak besar terhadap kapasitas baterai. Hal ini memungkinkan pemilik LG G5 bisa mempergunakan ponsel mereka tanpa harus kehabisan baterai walaupun tidak sedang dipergunakan.

Sementara itu, untuk Samsung yang juga menerapkan fitur yang sama pada produk Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge mereka juga mengatakan hal yang serupa. Layar Amoled yang dipergunakan oleh Samsung akan aktif, namun hanya beberapa piksel saja, sehingga tidak akan menyedot habis tenaga baterai ponsel. Bahkan, Samsung mengklaim bahwa fitur ini hanya akan mempergunakan 1 persen dari daya baterai selama penggunaan satu hari penuh. Disisi lain, Samsung juga telah mengatur agar fitur ini akan dimatikan sementara ketika ponsel tersebut dimasukkan dalam saku atau dalam tempat penyimpanan serupa. Hal ini tentu saja akan sangat membantu untuk mengurangi permasalahan penggunaan baterai yang pastinya ingin dihemat oleh setiap orang.

Fitur yang tergolong unik dan sangat informatif ini memang tidak bisa dikatakan sebagai sebuah fitur yang benar-benar baru, melihat sejarah ponsel-ponsel dari brand lain yang juga telah mengusung konsep yang serupa sebelumnya. Namun, Samsung memang berhasil menghidupkan konsep ini menjadi sesuatu yang lebih menarik dan mungkin akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah smartphone di masa yang akan datang.

Rebutan Fitur Always On oleh Produsen

Samsung sebentar lagi akan mulai memasarkan dua smartphone andalan terbarunya, yakni Galaxy S7 dan Galaxy Note 7. Namun sebelum pemasarannya dimulai, Samsung sudah mendapatkan rintangan dari kompetitor. Motorola pun mengklaim kalau fitur pada kedua smartphone terbaru Samsung, yakni Always On Display merupakan fitur hasil curian dari smartphone Moto Z.

Tuduhan itu dilontarkan oleh Motorola Amerika Serikat melalui akun Twitternya. Sembari menyelam minum air, mereka melontarkan tuduhan tersebuat sambil mempromosikan smartphone Moto Z. Tak lupa, Motorola menyematkan tanda pagar #TheOriginalAlwaysOnDisplay serta foto smartphone Moto Z yang di dalamnya dilengkapi fitur Always On Display.

Motorola bukan yang pertama kali menggunakan Always On Display Namun tuduhan yang dialamatkan Motorola kepada Samsung itu nampaknya perlu ditinjau ulang. Terlebih Motorola ternyata bukanlah yang pertama memperkenalkan fitur Always On Display. Fitur ini, seperti dikutip dari Softpedia, ternyata diluncurkan Nokia melalui ponsel Symbian Nokia N86 pada tahun 2009. Fitur ini juga kembali dihadirkan Nokia pada produk Windows Phone miliknya dengan nama Glance Screen. Selain itu, Galaxy Note 7 bukanlah ponsel Samsung pertama yang menggunakan fitur Always On Display. Mereka pertama kali menyediakan fitur Always On Display pada produk smartphone Galaxy S7 dan S7 Edge. Namun pada peluncurannya kali ini, terdapat peningkatan yang diberikan oleh Samsung. Dan tentunya dari situ pun jelas terlihat kalau Samsung tidak menjiplak fitur ini dari Motorola. Namun bakal lain ceritanya kalau tuduhan ini dilontarkan oleh Nokia.

Gadget-baru.com mencoba mengupas dan memberikan info tentang pergadgetan terkini.

Categories

Archives

Stats

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top