Techno

Ilmuwan Akhirnya Temukan Solusi Mengurai Plastik Lebih Cepat

sampah plastikGadget-Baru.com, Techno | Setelah sekian lama menjadi polemik dimana bahan Plastik selama ini dikenal sebagai material yang sulit untuk terurai. Dibutuhkan waktu puluhan tahun agar satu kantong plastik dapat menyatu dengan tanah. Untungnya, sekelompok ilmuwan kini sudah menemukan cara penguraian plastik secara lebih cepat.

Sekelompok ilmuwan Jepang telah menemukan solusi atas masalah ini. Mereka menggunakan bakteri baru yakni, Ideonella sakaiensis 201-F6 . Bakteri ini dapat memakan PET (bahan baku plastik) secara lebih cepat.

Ideonella sakaiensis 201-F6 bekerja dengan mengubah PET menjadi zat lain yang disebut MHET, lalu menambahkan enzim lain untuk mengubah komponen dasar dari PET.

Satu-satunya masalah yang dihadapi para ilmuwan ini adalah waktu. Dibutuhkan waktu enam bulan, bakteri ini memakan habis lapisan PET. Namun, mereka menjanjikan untuk segera memperbaiki masalah ini.

Sebelum menggunakan bakteri ini, para ilmuwan telah menemukan cacing dan mikroba yang juga dapat memecah plastik. Sayangnya proyek ini tidak berjalan dengan lancar.

Gadget-baru.com mencoba mengupas dan memberikan info tentang pergadgetan terkini.

Categories

Archives

Stats

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top