Smart Phone

Tuai Kendala, Akhirnya Produsen Smartphone Oneplus Hengkang Dari Indonesia

one plusGadget-Baru.com | Dalam pencarian peruntungan di Indonesia akhirnya produsen smartphone baru asal China, OnePlus resmi menyatakan diri akan hengkang dari pasar smartphone Indonesia, produsen setelah mengalami berbagai hambatan. Informasi tentang pengunduran diri ini sebelumnya juga sudah terdengar pekan lalu, dan kini kabar tersebut dibenarkan oleh Carl Pei, pendiri sekaligus kepala pemasaran global OnePlus.

Tentunya berita ini cukup mengejutkan, terutama untuk para penggemar produk OnePlus, karena produk mereka sangat diterima baik oleh masyarakat Indonesia. Carl Pei pun mengatakan alasan perusahaanya mengundurkan diri dari pasar Indonesia.

“Karena perubahan regulasi baru-baru ini, kami tak bisa menjual produk baru di Indonesia sampai ada informasi baru yang disampaikan. Sebagai perusahaan kecil, kemampuan manufaktur kami harus tersentralisasi untuk menaikkan produksi dan menurunkan harga,” ujar Carl Pei, seperti yang dikutip Beritateknologi dari Kompas Tekno, (10/06/2016).

Sayangnya Carl Pei tak memberikan keterangan lebih lanjut regulasi apa yang dimaksud. Alasan mundurnya OnePlus dari Indonesia sendiri berasalan karena kemampuan produksi dan finansial OnePlus sebagai perusahaan yang baru seumur jagung. Namun banyak yang menduga bahwa “perubahan regulasi” yang dimaksud adalah terkait TKDN.

Aturan mengenai TKDN yang diberlakukan oleh pemerintah Indonesia untuk perangkat 4G ini memaksa para produsen smartphone 4G untuk memiliki pabrik atau minimal pusat perakitan ponsel di Indonesia. Mungkin inilah yang menjadi kendala OnePlus, mengingat perusahaan tersebut masih membutuhkan banyak biaya untuk mendirikan pabrik di wilayah selain China.

Meski menyatakan menghentikan penjualan produk smartphone dari Indonesia, namun perusahaan masih memberlakukan garansi kepada produk yang sudah dibeli oleh masyarakat Indonesia. Namun ini bukan berarti OnePlus selamanya berhenti menjual produknya di Indonesia, karena perusahaan masih berminat kembali ke Indonesia ketika sudah siap di masa yang akan datang.

Smartphone terakhir yang dijual oleh OnePlus di Indonesia adalah OnePlus X. Smartphone tersebut memiliki layar 5 inci dengan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel dan menggunakan panel AMOLED. Sementara untuk jeroannya, ponsel ini mengunakan chipset Snapdragon 801 yang memiliki CPU quad core Krait 2.3GHz dan dipadukan dengan RAM sebesar 3GB serta ROM 16GB.

Gadget-baru.com mencoba mengupas dan memberikan info tentang pergadgetan terkini.

Categories

Archives

Stats

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top