Smart Phone

Kelebihan dan Kekurangan Infinix Zero 3 – Februari 2016

infinix zero3Gadget-Baru.com | Setelah sukses di tahun yang lalu dengan membuat Infinix note 2 yang berdesain bongsor kini perusahaan dengan merk dagang Infinix merilis smartphone keduanya di tahun ini yang digadang-gadang sebagai flagship, yaitu Zero 3. Dibanding pendahulunya, Infinix Zero 3 kini memiliki layar lebih besar (5,5 inci) beresolusi full HD.

Didapuk sebagai pemimpin dari kubu Infinix, tak heran apabila Zero 3 membawa spesifikasi menggoda. Dimulai dari prosesor 8-core MediaTek Helio X10, RAM 3 GB, baterai 3.030 mAh, serta XUI terbaru yang dikenal ringan. Rentetan spesifikasi ini mengantarkan Infinix Zero 3 memeroleh skor hingga 58 ribu poin pada pengujian AnTuTu Benchmark.

Desain dan Spesifikasi
Dengan layar utama berukuran 5.5 inch dan beresolusi 1080 x 1920 pixel, Infinix Zero 3 memiliki bentuk yang ramping dengan desain lebih “kotak”, namun tidak runcing pada bagian keempat ujung smartphonenya. Pada bagian bodi belakang smartphone terdapat teksture ultra fine crystal yang membuatnya terlihat semakin lux karenanya. Layar utamanya yang memiliki kualitas 400ppi 1080p display tersebut juga memiliki IPS 178 derajat dengan view angle yang lebar, serta dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 3 untuk membuatnya lebih tahan terhadap debu dan goresan. Selain itu, layar juga memiliki high light transmittance untuk hasil video maupun gaming yang lebih jernih dilihat.

Dapur pacu dari Infinix Zero 3 ini sendiri menggunakan prosesor octa-core MediaTek Helio X10 64-bit 2.1GHz dengan PowerVR G6200 700MHz sebagai GPU-nya, RAM 3GB dan internal storage dengan pilihan antara sebesar 16GB atau 32GB, yang bisa ditambahkan hingga 128GB dengan menggunakan microSD tambahan.

Untuk menguji performa dari Infinix Zero 3, kami melakukan serangkaian performace test dengan beberapa aplikasi benchmark. Benchmark yang kami gunakan dalam pengujian ini antara lain AnTuTu, Geekbench, 3DMark, dan PCMark. Dan berikut adalah hasil benchmark yang kami lakukan menggunakan empat jenis aplikasi tersebut. Pada perangkat smartphone yang kami review masih menggunakan OS Android Lollipop 5.1, tentunya juga akan mempengaruhi hasil dari pengujian benchmark.
Catatan: Karena terbatasnya waktu pengujian, kami menjalankan benchmark smartphone ini dalam mode normal, bukan mode performance. Jadi, skor yang tampil akan lebih rendah dibandingkan yang diklaim oleh pihak Infinix.

Daya tahan baterai smartphone ini akan sangat bergantung pada SoC yang digunakan. MTK Helio X10 memang bukan SoC yang ramah teradap baterai. Akan tetapi, SoC ini adalah kuncinya untuk dapat memanfaatkan sensor Sony 20 megapixel dan video 4K dengan mulus tanpa membuat harga Zero 3 melambung tinggi. Jadi, jangan heran jika hasil pengujian daya tahan baterai Zero 3 akan sedikit lebih rendah di bawah rata-rata kelasnya.

Selain memiliki desain yang terlihat cukup mewah, Infinix Zero 3 ini memiliki keunggulan pada kamera utamanya. Dengan berbekal sensor Sony IMX230 dan resolusi 20.7 megapixel, kualitas hasil jepretan pun terlihat tidak kalah jika dibandingkan dengan kamera milik beberapa smartphone kelas premium. Autofocus yang diusung juga sangat responsif di kelasnya dengan kemampuan pengolahan gambar besar yang juga cepat untuk kondisi pencahayaan apapun.

Noise yang dihasilkan oleh Infinix Zero 3 ini masih terlihat dan cepat naik terutama ketika menggunakan mode Auto pada kondisi pencahayaan gelap. Walau memang mengganggu, tetapi hal ini bisa diminimalisasi dengan mengubah setting ISO dan kecepatan shutter secara manual.

Hal lain yang juga menjadi keunggulannya adalah kemampuannya untuk bisa merekam video 4K. Namun hal ini juga sekaligus menjadi kekurangannya, di mana format video yang direkam tersebut hanya bisa disimpan dalam format 3gp, format yang sudah lama ditinggalkan terutama di smartphone-smartphone masa sekarang.

Kekurangan lainnya adalah baterainya yang ternyata tidak terlalu tahan lama walau sudah memiliki kapasitas 3030mAh sekalipun. Hal ini tentunya akan menjadi sedikit kendala ketika penggunanya hendak mengoperasikan berbagai jenis multimedia atau multi-tasking.

Kelebihan:

+ Sensor Sony IMX230 (20 MP)
+ Autofocus yang responsif
+ Pro Mode pada kamera
+ Dukungan 4G LTE dan Dual SIM card
+ Mampu merekam video 4K
+ Performa cukup tinggi untuk kelas harganya
+ Desain cantik, tidak meniru produk lain

Kekurangan:

– Format hasil rekaman video hanya mendukung 3gp
– Baterai relatif boros
– Masih 3G (4G ready)

Key Spec:

Produk Infinix Zero 3
Layar 5.5″ IPS HD 1080×1920 pixel
Processor MediaTek Helio X10 octa-core 64-bit 2.1GHz
GPU PowerVR G6200 700MHz
Memory 3GB
Baterai Non-removable Li-Ion 3030 mAh
Konektivitas GSM, 3G, 4G LTE, Bluetooth v4.0, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, GPS, MicroUSB v2.0, USB On-The-Go
Kamera Kamera belakang: 20.7 MP with Sony IMX230 CMOS sensors, dual-colour LED flash, with HDR, gesture shot, Slow Motion, Voice and Touch Gesture
Kamera depan: 5 megapixel with LED flash
Sistem Operasi Android Lollipop 5.1 with XUI
Harga Rp. 2.599.000

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan semoga dapat menjadi inspirasi anda dalam memilih smartphone yang anda inginkan agar dapat membantu kinerja anda sehari-hari menjadi lebih baik.

Gadget-baru.com mencoba mengupas dan memberikan info tentang pergadgetan terkini.

Categories

Archives

Stats

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top