Nokia

Melihat Hasil Jepretan Foto Lumia 1020

Setajam apakah hasil foto dari ponsel 41 megapiksel

Lumia 1020Nokia kali pertama menggunakan sensor foto 41 megapiksel pada smartphone 808 PureView yang dirilis pada pertengahan tahun lalu. Kendati membawa terobosan dalam hal kamera, ponsel pintar tersebut tidak terlalu berhasil menarik minat pengguna.

Kini, Nokia telah memperkenalkan generasi lanjutan dari sensor tersebut, yang tertanam pada Lumia 1020. Smartphone satu ini menggunakan sistem operasi Windows Phone 8 dengan berbagai macam fitur, tetapi yang paling menonjol—dan memang sengaja ditonjolkan—adalah kemampuan kameranya.

Kendati sama-sama mengusung label “41 megapiksel”, Nokia mengatakan bahwa sensor kamera pada Lumia 1020 merupakan jenis baru dengan teknologi back-side illumination (BSI) yang memiliki kemampuan menangkap cahaya lebih baik.

Ukuran sensor baru itu lebih kecil 30 persen dibandingkan yang terdapat pada 808 PureView, yaitu 1/1,5 inci berbanding 1/1,2 inci, tetapi masih lebih besar daripada sensor 1/1,7 inci yang umumnya digunakan oleh kamera saku. Sensor yang lebih besar menjanjikan hasil foto yang lebih baik.

Angka 41 megapiksel di sini adalah spesifikasi jumlah piksel maksimum yang terdapat pada sensor. Kamera pada Lumia 1020 sendiri mampu menghasilkan foto paling besar berukuan 34 hingga 38 megapiksel (7712×4352 atau 7712×5360), tergantung aspect ratio gambar yang dipilih.

Produsen ponsel asal Finlandia ini pun segera merilis contoh-contoh hasil tangkapan foto yang dihasilkan Lumia 1020. Dalam resolusi penuh, ukurannya tergolong luar biasa, mencapai belasan megabyte per foto.

Nokia Contoh foto Nokia Lumia 1020.
Nokia Crop 100 persen dari bagian tengah foto sebelumnya.

Akan tetapi, seperti bisa dilihat dari hasil cropping 100 persen di atas, hasil foto Lumia 1020 tampak sangat tajam dan mampu merekam detail-detail kecil dalam sebuah scene, setidaknya dalam kondisi cahaya ideal.

Untuk contoh hasil foto selengkapnya, termasuk dalam ukuran full-res berikut beberapa sampel gambar dengan pencahayaan rendah, kunjungi akun Flickr Lumia 1020 di tautan berikut ini.

Sweet spot

Nokia 1020 mampu menangkap foto dalam dua ukuran sekaligus, yaitu 34/38 megapiksel dan 5 megapiksel yang dihasilkan lewat teknik oversampling. Maksudnya, resolusi 34 atau 38 megapiksel tadi “dimampatkan” menjadi foto 5 megapiksel yang memiliki ketajaman lebih tinggi dibandingkan hasil foto 5 megapiksel dari kamera atau smartphone lain.

Untuk menggambarkan hal ini, Nokia menyajikan ilustrasi perbandingan hasil foto 5 megapiksel dari Lumia 1020 dan foto 5 megapiksel dari kamera “konvensional”, seperti bisa dilihat di bawah.

Nokia Perbandingan ketajaman foto 5 megapiksel dari kamera konvensional (kiri) dan hasil oversampling Lumia 1020.

Dengan mengurangi resolusi menjadi 5 megapiksel, ukuran file pun dengan sendirinya berkurang drastis sehingga bisa diunggah atau dibagi-bagikan dengan mudah melalui smartphone. Bayangkan apa yang akan terjadi jika pengguna harus menunggu pengunggahan foto berukuran 15 megabyte tiap kali ingin berbagi gambar di Facebook.

Lalu, mengapa 5 megapiksel? Dalam penjelasan white paper mengenai teknologi kamera pada Lumia 1020, Nokia menjelaskan bahwa angka tersebut merupakan titik ideal atau sweet spot, yang dalam hal itu foto bisa di-share dengan mudah sambil tetap mempertahankan kualitas. Foto 5 megapiksel Lumia 1020 diklaim memiliki hasil cetak bagus hingga ukuran A3.

Dengan mengurangi resolusi gambar menjadi 5 megapiksel, pengguna Lumia 1020 juga bisa melakukan digital zoom sebanyak 3x tanpa mengalami penurunan kualitas foto yang biasanya terjadi pada smartphone lain.

Penurunan kualitas itu terjadi karena digital zoom pada smartphone atau kamera lain bekerja dengan memotong resolusi gambar, lalu membesarkannya kembali ke resolusi “normal” sehingga hasil gambar tampak pecah, buram, dan tidak tajam. Lumia 1020 tidak perlu mengalami hal ini karena sedari awal memang menyediakan resolusi yang sangat tinggi.

Konsep yang mirip juga dusung oleh HTC melalui kamera “Ultrapixel” pada smartphone HTC One yang hanya memiliki resolusi 4 megapiksel tetapi mampu menghasilkan foto berkualitas tinggi. Bedanya, HTC mencapai hal ini dengan memakai ukuran piksel (fotodiode) yang lebih besar dibandingkan sensor kamera smartphone pada umumnya.

Sejauh ini contoh hasil foto Lumia 1020 hanya sebatas beberapa sampel yang diedarkan oleh Nokia. Kemampuan sebenarnya dari kamera smartphone tersebut akan diketahui dengan lebih jelas begitu sudah banyak diulas nanti.

Nokia Contoh foto Lumia 1020.
Nokia Contoh foto Lumia 1020.
Nokia Contoh foto Lumia 1020.
Nokia Contoh foto Lumia 1020.

Setajam apakah hasil foto dari ponsel 41 megapiksel. ref:tekno.kompas

Gadget-baru.com mencoba mengupas dan memberikan info tentang pergadgetan terkini.

Categories

Archives

Stats

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top