Android

Nokia Siap Luncurkan Ponsel Android

Inilah tanggapan beberapa sumber soal rumor Ponsel Android Nokia

Ponsel Android NokiaSpekulasi panas menyebutkan bahwa Nokia sedang mempersiapkan ponsel Android yang akan dirilis tahun depan. Bocoran fotonya pun menyebar di dunia maya.

Memang tidak ada pernyataan apapun dari Nokia soal gosip panas tersebut. Namun beberapa media terkemuka telah menyatakan opininya mengenai kemungkinan Nokia mengadopsi Android.

Proyek ponsel Android Nokia diyakini memang eksis, sudah memasuki tahap akhir, dan tinggal menunggu waktu saja untuk diluncurkan. Tapi pertanyaan besarnya adalah, apakah Microsoft selaku pemilik baru Nokia membiarkan hal itu terjadi?

Apa saja kata para media di mancanegara soal Nokia yang dikabarkan terpikat OS robot hijau? Simak berikut ini yang disarikan dari berbagai sumber.

1. ComputerWorld: Android Nokia akan Dijegal Microsoft

Eksistensi proyek Nokia Android terungkap awal tahun 2013 ini. Namun proyek itu diseriusi tepat sebelum Nokia dibeli Microsoft.

Adanya proyek Android itu adalah ancaman bagi Microsoft. Jika Nokia beralih ke Android, Windows Phone bisa saja tamat. Sampai November 2013, 90% dari seluruh ponsel Windows Phone adalah merek Nokia.

Semua faktor di atas berarti bahwa ketakutan Nokia akan beralih ke Android jadi alasan mengapa Microsoft membeli divisi handset Nokia.

Apakah Microsoft rela menghabiskan uang USD 7 miliar untuk membeli Nokia dan kemudian membiarkannya menjual ponsel berbasis Android? Rasanya tidak.

Microsoft juga tahu bahwa pertumbuhan besar Windows Phone adalah di kelas bawah. Jadi mengapa mengambil risiko membiarkan Nokia menjual Android murah?

Dengan alasan tersebut, Anda sepertinya tidak akan menjumpai ponsel Android dibuat oleh Nokia, tidak di 2014 ataupun di masa depan.

2. PCWorld: Android Nokia Mungkin untuk Negara Berkembang

Nokia dilaporkan berencana merilis ponsel Android murah, kode namanya saat ini adalah Normandy. Dan mungkin saja Microsoft membiarkan hal itu jadi kenyataan.

Ya, hal itu tidak segila kedengarannya. Nokia Normandy bisa saja menjalankan OS Android dengan modifikasi besar, seperti yang dilakukan Amazon dalam tablet Kindle.

Hal itu memungkinkan Nokia menciptakan sesuatu yang unik. Mungkin dengan dimasukkannya layanan Microsoft seperti Bing dan Skype.

Masalahnya adalah, Microsoft sebenarnya ingin Windows Phone juga jadi pemain besar di industri smartphone murah.

Tapi jika Microsoft tidak bisa merendahkan lagi harga Windows Phone di negara berkembang, mungkin saja ponsel Android Nokia yang akan memenuhi celah itu.

3. Venture Beat: Microsoft Mungkin Bunuh Android Nokia

Nokia mengerjakan ponsel Android namun sepertinya tak akan pernah diluncurkan. Microsoft, yang baru saja membeli Nokia senilai USD 7,2 miliar dan berkompetisi dengan Android, tidak bisa membiarkan hal itu menjadi kenyataan.

Microsoft masih ingin agar Windows Phone jadi alternatif kuat Android dan iOS. Membiarkan Nokia bereksperimen dengan Android mungkin akan menjual banyak ponsel dalam jangka pendek, namun akan memperlemah posisi Windows Phone.

Ada dua kemungkinan memang, pertama Nokia bisa saja akan meluncurkan Android karena terlanjur sudah jadi sebelum dibeli Microsoft, atau Microsoft sendiri akhirnya mau merilisnya.

Namun sepertinya kemungkinan terbesar adalah Microsoft akan membunuh proyek Android Nokia ini sebelum sempat diluncurkan.

4. InformationWeek: Microsoft Tetap Fokus Windows Phone

Menjadi pertanyaan besar apa yang akan dilakukan Microsoft terkait proyek Android Nokia yang disebut Normandy ini, ketika akuisisi mereka pada Nokia selesai awal tahun depan?

Microsoft mungkin akan membiarkannya jika Normandy tidak menjalankan Android sepenuhnya, namun penampilannya dimiripkan dengan Windows Phone dan memiliki layanan seperti Skype dan Bing.

Hal itu memang cukup masuk akal namun pada akhirnya, Microsoft mungkin tidak tertarik menjual ponsel Android, meski ada layanan mereka di sana.

Windows Phone meski meningkat pangsa pasarnya, masih jauh di bawah Android dan iOS. Microsoft kemungkinan besar akan membunuh Normandy dan lebih fokus untuk menurunkan harga Windows Phone agar lebih mampu bersaing.

5. ZDNet: Android Nokia Bukan Ide Buruk

Langkah besar Nokia berikutnya mungkin adalah mengadopsi Android. Mungkin ide tersebut sebenarnya tidak terlalu buruk.

Tidak ada keraguan bahwa Microsoft menginginkan lebih banyak pangsa pasar di industri mobile. Itu adalah alasan utama mereka membeli Nokia, produsen utama Windows Phone.

Apakah Microsoft akan membiarkan proyek Android Nokia terus jalan saat mereka sudah mengakuisisinya masih menjadi pertanyaan besar. Namun dalam jangka pendek, mungkin saja Microsoft akan melakukannya.

Dari lisensi paten, Android menyumbang banyak uang pada Microsoft, diestimasi senilai USD 2 miliar di tahun fiskal 2013. Lebih besar daripada pendapatan Microsoft dari Windows Phone.

Merilis ponsel Android Nokia akan menghasilkan keuntungan bagi Microsoft. Dan itu bukanlah sesuatu yang buruk. ref:detikInet

Simak terus tentang info gadget terbaru.

Gadget-baru.com mencoba mengupas dan memberikan info tentang pergadgetan terkini.

Categories

Archives

Stats

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top