HP

HP ProOne 400 G1 – Desktop Minimalis dan Powerfull

hp pro one 400 GGadget-baru.com | HP yang dikenal dengan brand yang kuat untuk memenuhi segmen kelas bisnis  menghadirkan dua varian PC All-in-One (AiO)  melalui seri HP ProOne 400 G1. Untuk varian pertama menggunakan layar berukuran 19 inci tanpa fungsi layar sentuh, sebaliknya untuk varian kedua memamakai layar sentuh dengan ukuran 21,5 inci. Kami pun berkesempatan melakukan pengujian pada versi yang kedua.

Sebenarnya banyak pengguna bisnis yang merasa lebih nyaman bekerja menggunakan layar jenis non-touchscreen. Namun untuk versi ini, HP memberikan pilihan layar sentuh yang ditujukan bagi penggunaan yang bersifat interaktif atau multiuser.

Uniknya, layar sentuh yang digunakan bukan berjenis kapasitif. Hal inilah yang membuat bezel pada pinggir layar dibuat agak renggang agar sensor pada layar mampu merespons sentuhan berdasarkan titik koordinatnya. Guna mengoptimalkan fungsi layar sentuhnya, disediakan pula dukungan pointing device seperti stylus serta teknologi lima titik sentuh secara bersamaan.

PC AiO ini menggunakan chipset Intel H81 yang biasa digunakan pada platform desktop. Meskipun menggunakan chipset Intel H81, perangkat ini tetap menyertakan feature proteksi serta manajemen data, di antaranya HP BIOS Protection (sebagai pelindung dari serangan virus terhadap BIOS). Feature keamanan lainnya yaitu HP BIOSphere yang terdiri dari aplikasi seperti HP Trust Circles Standard atau HP Client Security. Fungsinya untuk melindungi data, perangkat, serta identitas pengguna.

Secara default telah terpasang Windows 7 Professional 64-bit di perangkat ini. Jika Anda hanya menggunakan sistem operasi ini, bisa dibilang bahwa feature layar sentuhnya kurang berfungsi maksimal. Untungnya HP menawarkan pilihan untuk melakukan upgrade ke Windows 8.1. Ini dilakukan dengan menyediakan DVD pada paketnya. Hanya saja, karena berhubungan dengan keamanan data, pengguna tidak bisa memasang dua sistem operasi tersebut secara bersamaan (dual-boot).

Desain

Komputer HP ProOne 400 G1 memiliki desain minimalis dan kokoh. Sebagai sebuah all in one PC, Semua komponen komputer dalam hal ini CPU terletak di belakang monitor. Perangkat ini hadir dengan ukuran 513.2 x392.1 x87 mm dengan berat 7,6 kg untuk versi non touchscreen dan 561.67 x 410.78 x 93.58 mm dengan berat 8,3 kg. Vendor HP sendiri mengklaim komputer terbaru ini cukup simpel dibanding para pesaingnya. Sehingga Anda bisa menempatkan perangkat ini di berbagai ruangan.

Display

Komputer desktop minimalis ini menggunakan monitor berlayar LCD panel 19,5 inci untuk versi tanpa layar sentuh serta 21,5 inci untuk layar sentuh dengan resolusi 1600 x 900 piksel Full HD. HP meng hadirkan dua pilihan layar untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna yang berbeda – beda. Sama seperti seri lainnya, Dibagian samping monitor terdapat power button, volume button hingga Brightness Buttons. HP menyasar pengguna rumahan atau kantoran untuk perangkat ini.

Ports and Webcam

untuk mendukung fungsi komputernya, Komputer desktop minimalis ini dilengkapi webcam 1 megapiksel Full HD. Sementara itu, ada beberapa ports yang ditempatkan pula di belakang monitornya untuk memudahkan penyambungan perangkat ini ke perangkat lain. Terdapat 3 buah USB 2.0 ports, HDMI input, VGA in/out, Audio port, power port, hingga internal tv turner optional. Di bagian lain juga terdapat beberapa port seperti 2 buah USB 2.0 port, audio microphone speaker jack dan Micro SD slot.

 

Performa

Sebagai sebuah komputer desktop, tentu HP ProOne 400 G1 memiliki spesifikasi yang lebih tangguh dibanding laptop atau notebook. Komputer all ini one ini diotaki prosesor Intel Core i5-3240T berkecepatan 2,8 Ghz generasi ketiga atau Ivy Bridge. Anda bisa mendapatkan dapur pacu dengan prosesor intel i3 atau intel i7. Tambahan RAM 8 GB juga semakin memaksimalkan performa perangkat komputer All in One ini. Prosesor tersebut sangat mumpuni membawa Anda beraktifitas. produsen memberikan kinerja lebih cepat untuk menemani Anda bekerja atau bermain.

Graphics Performance

Komputer minimalis besutan HP ini dilengkapi pengolah grafis berkualitas sekelas Intel HD Graphics 4000 dengan VRAM 1GB DDR3. Sayangnya, dengan teknologi tersebut, perangkat ini sedikit lag kala memainkan game dengan tingkat grafis tinggi. Walaupun demikian, gabungan prosesor dan pengolah grafis yang disematkan cukup mumpuni untuk aktifitas harian.

Software

Komputer All in One terbaru ini telah dilengkapi sistem operasi windows 8.1. Di versi terbaru ini, HP sudah menyertakan fitur touchscreen. Layar touchscreen-nya memaksimalkan sistem operasi yang dibenamkan sehingga computer ini bisa dioperasikan tanpa mouse dan keyboard. Anda juga bisa mendapatkan versi windows 7 untuk versi non touchscreen.

Hasil Pengujian

HP ProOne 400 G1 memiliki spesifikasi mirip dengan HP ProDesk 490 G1 yang menggunakan platform desktop. Memiliki perbedaan tipis dari sisi clock prosesor, kinerja di antara kedua produk ini terbilang baik dengan selisih yang tidak signifikan. Perangkat ini cocok untuk menjalankan aplikasi modern di segmen bisnis.

PLUS: Monitor layar sentuh dengan teknologi IPS, kinerja tinggi, desain ramping, ada feature keamanan, layar sentuhnya responsif.

MINUS: Layar tanpa anti-glare, bukan layar sentuh jenis kapasitif.

Harga
HP merilis harga yang terjangkau untuk perangkat Komputer All in One HP ProOne 400 G1. Anda bisa membelinya secara online di kisaran $650-$850 sesuai spesifikasi yang Anda inginkan.

Kesimpulan
Inovasi terus dilakukan HP pada produk – produknya. kali ini giliran komputer desktop minimalis, HP ProOne 400 G1 yang hadir untuk memenuhi kelas bisnis. Hadir dengan dua versi, layar non sentuh dan layar sentuh, perangkat ini dibekali spesifikasi yang terbilang gahar untuk kelas bisnis. Dengan kickstand yang nyaman, perangkat ini cocok untuk pengguna kantoran yang biasanya menatap layar dalam waktu cukup lama.

 

Gadget-baru.com mencoba mengupas dan memberikan info tentang pergadgetan terkini.

Categories

Archives

Stats

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top