General

Taxi Online Kenapa Dianggap Bermasalah?

taksi onlineGadget-Baru.com| Techno | Pada awal kehadiran teknologi informasi didunia trasnportasi akhirnya menjadi polemik tersendiri pada  transportasi roda empat atau taksi berbasis online, dan ini bisa terindikasi dengan adanya demonstrasi  dari para sopir taksi konvensional. Pemangku jabatan pada transportasi hendaknyapun diminta turun tangan mengatasi polemik ini agar tak berkepanjangan.

Wakil Ketua Bidang Riset dan Advokasi Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Djoko Setijowarno mengatakan, perusahaan angkutan berbasis online seperti Grab dan Uber Taxi sudah seharusnya terdaftar sebagai badan hukum yang berbentuk koperasi seperti pengurusan izin operasional taksi konvensional.

“Meski sudah ada yang berbadan hukum seperti koperasi, hendaknya dapat urus izin operasional seperti taksi konvensional. Izin operasi taksi ada di provinsi, kabupaten atau kota, sesuai wilayah operasinya, bukan di Kemenhub,” katanya melalui keterangan tertulisnya kepada media online.

Djoko menekankan agar pengurusan izin angkutan berbasis online ini transparan dan jauh dari pungutan liat yang nantinya hanya menghambat pengembangan usaha dan terus membebani pengusaha.

“Perizinan harus transparan dan hilang dari aksi pungutan tidak jelas alias pungli yang turut menghambat pengembangan usaha dan membebani pengusaha selama ini,” ucapnya.

Namun, ia juga mengingatkan, belum tentu jika sudah berbentuk badan hukum, urusan sudah selesai. “Masih panjang urusannya,” kata Djoko.

Ia menyebutkan, hal yang didambakan masyarakat agar selamat, aman, dan nyaman adalah taksi konvensional yang beraplikasi.

Djoko Setijowarno mengungkapkan, pemerintah juga perlu membuat aturan tambahan agar perusahaan taksi konvensional melengkapi sarana berbasis online.

“Mengingat perkembangan teknologi informasi terkini yang dapat mempermudah pengguna jasa angkutan taksi, tidak ada salahnya perlu tambahan aturan yang tidak mengikat untuk angkutan taksi agar mulai melengkapi teknologi informasi,” kata Djoko.

Namun, ia menekankan, itu bukanlah hal wajib karena di beberapa daerah taksi masih dapat dioperasikan secara konvensional.

Gadget-baru.com mencoba mengupas dan memberikan info tentang pergadgetan terkini.

Categories

Archives

Stats

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top