General

Tarif Telepon Antar Operator Akan di Pangkas

Tarif Telepon Antar Operator Akan di Pangkas 

interlokalGadget-Baru.com | Dengan adanya perkembangan teknologi jaringan membuat perhitungan pemerintah untuk tarif antar operator menjadi banyak perubahan dan ini tentunya  pemerintah berencana menurunkan biaya interkoneksi. Kabar ini disambut oleh seluruh operator Tanah Air, di mana nantinya akan mempengaruhi harga retail atau biaya yang lebih murah untuk percakapan telefon.

Seperti dijelaskan dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 8 tahun 2006, interkoneksi merupakan keterhubungan jaringan telekomunikasi dari penyelenggara jaringan telekomunikasi yang berbeda.

“Interkoneksi punya relasi terhadap tarif retail karena menjadi bagian dari formula perhitungan tarif,” kata Heru Sutadi, pengamat telekomunikasi kepada beberapa awak media.

Menurut Heru, tarif interkoneksi cenderung turun sesuai dengan perkembangan teknologi berbasis IP. “Sesuai dengan perkembangan teknologi berbasis IP dan meningkatnya trafik, maka biaya interkoneksi cenderung turun,” tambahnya.

Heru juga mengungkapkan, metode yang dipakai menghitung interkoneksi dengan Long-Run Average Incremental Cost (LRIC) sudah tidak relevan dengan kondisi kekinian. “Karena legacy cost sudah tidak ada, jadi harus diubah menjadi ‘at cost’ atau maksimal adalah ‘cost+’,” tuturnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, tarif ditentukan operator masing-masing mengikuti rumus yang disediakan pemerintah. Akan tetapi, dengan interkoneksi antar-operator yang tinggi akan menyebabkan trafik lebih banyak ‘onnet’ dalam satu operator daripada offnet antar-operator.

Offnet yang mahal tidak sehat bagi industri karena membuat pemain baru sulit masuk ke suatu daerah karena penguasaan operator incumbent di daerah tersebut. “Penurunan sesuai perkembangan perangkat yang makin murah, dan membuka kesempatan orang menelefon antar-operator,” pungkasnya.

Gadget-baru.com mencoba mengupas dan memberikan info tentang pergadgetan terkini.

Categories

Archives

Stats

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top