General

Mengenali Lebih Dekat Teknologi NFC – Teknologi Nirkabel Masa Kini

NFCGadget-Baru.com | NFC (Near Field Communication) bekerja dengan praktis tanpa kabel dan mampu mendeteksi dan mentransfer data. Teknologi ini memungkinkan perangkat berkomunikasi tanpa adanya jaringan internet. Dan ini akan membantu pekerjaan orang diseluruh dunia.

Cara Kerja

Teknologi NFC melibatkan identifikasi frekuensi radio (RFID). Sebuah chip NFC beroperasi sebagai bagian dari sambungan tanpa kabel yang sekali diaktifkan dengan chip lain, data kecil dari kedua perangkat yang berdekatan bisa ditransfer.

NFC tidak memerlukan kode untuk dihubungkan dan karena menggunakan chip, dia hanya memakan sedikit energi. Oleh karena itu, dia sangat efisien sebagai teknologi komunikasi wireless. Tak ayal teknologi ini digunakan di bank, kartu atau perangkat yang berhubungan dengan informasi personal.

Cara Menggunakan

Chip NFC biasanya disisipkan di dalam kartu kredit. Namun belakangan smartphone juga banyak menggunakan chip tersebut untuk mewujudkan dompet digital seperti yang dimiliki Apple Pay, Google Wallet atau Samsung Pay.

Hampir setiap pembuat OS mobile memiliki aplikasi mereka sendiri yang menawarkan fungsi NFC unik. Pengguna Android memiliki pilihan terluas. Mereka bisa membayar melalui perangkat dengan Google Wallet atau Samsung Pay yang sekarang sudah tersedia di Korea Selatan.

Selain itu, pengguna Android juga bisa menikmati fitur Android Beam. Fitur yang ada di OS Ice Cream Sandwich 4.0 atau terbaru itu memungkinkan pengguna secara langsung mentransfer foto atau kontak.

Sejauh ini, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus serta yang terbaru telah menerima fungsi NFC namun hanya bisa digunakan untuk Apple Pay. Selanjutnya, Microsoft Payments juga akan bisa dimanfaatkan pengguna Windows 10 di seluruh dunia.

Melihat ke masa depan, hal ini mungkin akan menjadikan NFC sebagai pengganti setiap kartu di dompet Anda. Itu berarti informasi unik pada kartu perbelanjaan, kartu perpustakaan, kartu nama dan sejenisnya bisa diganti karena teknologi NFC. Demikian dilansir Gadget-Baru.com dari Tech Radar.

Gadget-baru.com mencoba mengupas dan memberikan info tentang pergadgetan terkini.

Categories

Archives

Stats

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top