General

Microsoft Resmi Luncurkan Windows 10

Inilah beberapa fitur terbaru Windows 10

Windows 10

Setelah hanya sebatas mengumumkannya beberapa bulan lalu, Windows 10 akhirnya resmi diluncurkan Microsoft. Sejumlah pembaharuan pun didatangkan oleh Microsoft di perangkat lunak terbarunya ini. Selain memastikan kembalinya menu start, Microsoft juga menyodorkan sejumlah fitur anyar yang pertama kali hadir di OS besutannya.

Salah satu fitur yang dimaksud adalah Cortana. Ya, bila tadinya cuma bisa ditemui di Windows Phone, asisten digital milik Microsoft itu kini juga bisa ditemui di Windows 10. Artinya, pengguna PC pun bakal bisa merasakan kecanggihan Cortana.

Fitur lain yang ditawarkan Microsoft di Windows 10 adalah hadirnya browser baru bernama Spartan. Aplikasi perambah internet ini pun dipastikan menggantikan posisi browser Internet Explorer yang selama ini jadi andalan Microsoft. Selain punya tampilan yang lebih segar, Spartan juga diklaim sebagai aplikasi yang enteng.

Menariknya, Microsoft menjanjikan Windows 10 akan dibagikan secara gratis bagi pengguna. Sayangnya hal itu hanya berlaku buat pengguna yang kini menggunakan Windows 7 atau Windows 8.

Jadi pengguna kedua OS tersebut hanya tinggal melakukan update nantinya. Pun begitu, penawaran ini hanya berlaku hingga setahun ke depan. Selepas itu pengguna yang baru melakukan upgrade ke Windows 10 harus membelinya.

Tapi meski sudah resmi diluncurkan, Microsoft belum menjelaskan kapan Windows 10 dilempar ke pasaran. Karena dikutip dari PC World, Kamis (22/1/2015), terhitung mulai pekan depan Microsoft baru akan menebar Windows 10 versi Preview Build.

Versi ini belum final, melainkan versi pengenalan bagi pengguna sekaligus bertujuan untuk memperoleh masukan terkait update baru yang hadir di Windows 10.

Browser Spartan

Bersamaan dengan peluncuran Windows 10, Microsoft mengemas ulang browser andalannya. Tidak ada lagi nama Internet Explorer yang berganti menjadi Project Spartan.

Project Spartan ini merupakan upaya terbaru bagi Microsoft untuk berkelana dalam persaingan browser yang mulai dikalahkan oleh Chrome dan Firefox. Malahan, Safari milik Apple sudah mulai mengejar.

Seperti dilansir Mashable, Kamis (22/1/2015), Project Spartan sejatinya tidak benar-benar baru, karena ada beberapa warisan dari Internet Explorer yang tetap dipertahankan.

Namun tetap saja Project Spartan menarik untuk diketahui lebih jauh, khususnya soal fitur apa saja yang bakal disodorkan bersama Windows 10. Berikut beberapa di antaranya.

-. Kemampuannya untuk membubuhi keterangan halaman situs yang dibuka dan membaginya dengan orang lain. Ini bekerja baik menggunakan stylus atau perangkat seperti mouse dan keyboard.

-. Disematkan fitur reading list dan reading mode seperti yang ada di Safari milik Apple. Dengan fitur reading list, pengguna bisa membaca situs dalam keadaan offline.

-. Mendukung file PDF. Sehingga tak perlu lagi memindahkannya ke komputer baru membacanya.

-. Didukung Cortana. Kehadiran Cortana di desktop, membuat asisten pribadi digital ini bisa terhubung dengan browser untuk melakukan perintah-perintah yang diinginkan.

Cortana

Asisten personal digital Microsoft, Cortana, yang sebelumnya hanya bisa ditemui di perangkat smartphone kini diboyong ke desktop. Tak sekadar hijrah, Microsoft juga memberikan lompatan pada kecerdasannya.

Pengumuman ini dilakukan Microsoft di sela-sela peluncuran Windows 10 yang digelar di Redmond, Amerika Serikat. Di atas panggung, Vice President Microsoft Operating Group Joe Belfiore, mendemokan kepintaran Cortana yang berjalan di Windows 10 untuk laptop dan tablet.

Cortana yang seluwes Siri dan selengkap Google Now masih seperti itu di versi desktop. Aplikasi ini mampu melacak pesawat yang Anda tumpangi dan memberikan informasi skor klub olahraga favorit Anda.

Di sisi pekerjaan, Cortana akan selalu memberikan informasi soal cuaca atau tanggal Anda membuat janji. Demikian yang ditulis oleh Cnet, Kamis (22/1/2015).

Asisten digital ini juga terlihat sangat pintar karena mampu merespons perintah verbal yang bentuknya agak random. Misalnya “Hey Cortana. Find me photos from December”.

Sebagai pendamping digital, Cortana mempunyai fungsi untuk mengubah perintah suara menjadi tulisan teks di emal. Sehngga ini meringankan pengguna dalam melakukan pekerjaan.

Cortana sendiri akan datang bersamaan dengan Windows 10 yang diberikan secara gratis bagi pengguna yang sudah menggunakan Windows 7 dan Windows 8.

Simak terus tentang info gadget terbaru.

./p

/p

p style=”text-align: justify;”

Gadget-baru.com mencoba mengupas dan memberikan info tentang pergadgetan terkini.

Categories

Archives

Stats

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top