General

Jika LTE Advanced dengan Agregasi Kanal Diterapkan di Indonesia

Inilah gambaran kecepatan internet jika LTE Advanced dengan Agregasi Kanal Diterapkan

LTE AdvancedTelkomsel, XL Axiata, dan Indosat, hingga akhir 2014 ini cuma bisa mengandalkan lebar pita 5 MHz untuk komersialisasi 4G LTE di 900 MHz. Namun jika mendapat izin untuk agregasi kanal dengan spektrum lain, bisa seberapa ngebut layanan mobile broadband ini nantinya?

Teknologi agregasi kanal alias carrier aggregation sudah digunakan oleh negara lain untuk menghadirkan LTE Advanced. Teknologi ini diyakini akan memberikan kecepatan minimal dua kali lipat dari 4G LTE saat ini.

Semakin lebar spektrum yang digunakan, dan semakin banyak rentang frekuensi yang disatukan, maka layanan 4G pun dipastikan makin ngebut. Dengan modal 5 MHz saja, ketiga operator ini pede bisa menembus maksimal 36 Mbps.

Lantas berapa bandwidth yang bisa dimaksimalkan operator jika nantinya 900 MHz digandengkan dengan 1.800 MHz dan 2,1 GHz? Dalam uji coba terbatas, masing-masing operator ini sudah mendapatkan jawabannya.

Telkomsel, misalnya. Dari percobaan carrier aggregation dengan 5 MHz di 900 MHz, 10 MHz di 1.800 MHz, dan 15 MHz di 2,1 GHz, operator dengan 140 juta pelanggan seluler ini bisa menghasilkan kecepatan maksimal 243,8 Mbps.

Sementara Indosat yang baru menjajal agregasi kanal di 900 MHz dan 1.800 MHz saja, bisa menghasilkan speed maksimal 185 Mbps. Sementara XL mengaku, dari dua kanal itu bisa menembus 100 Mbps dan maksimal 300 Mbps kalau menggunakan seluruh frekuensi yang dimiliki.

Sayangnya, penggunaan agregasi kanal ini belum mendapat restu dari Menkominfo Rudiantara. Ia baru mengizinkan penggunaan pita 5 MHz saja di spektrum 900 MHz. Namun dengan segera dibukanya izin untuk 1.800 MHz dan 2,1 GHz sejak awal 2015 nanti, bukan tak mungkin agregasi kanal akan dibolehkan demi mengutilisasi seluruh spektrum yang tersedia.

Namun yang perlu diperhatikan bagi para pengguna, belum semua smartphone 4G mendukung teknologi agregasi kanal ini. Kalaupun ada, masih segelintir dan mahal smartphone yang sudah mendukung kategori 6 ke atas untuk LTE Advanced.

Simak terus tentang info gadget terbaru.

Gadget-baru.com mencoba mengupas dan memberikan info tentang pergadgetan terkini.

Categories

Archives

Stats

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top