General

China Bikin Prosesor Mobile Terkencang

Prosesor octa core AllWinner A80T kalahkan Snapdragon

octa corePara pengguna gadget mungkin lebih akrab dengan istilah Snapdragon, MediaTek dan Exynos bila bicara prosesor gadget. Namun siapa sangka kinerja terkencang ternyata dimiliki oleh prosesor asal China. Hal tersebut dibuktikan oleh hasil benchmark yang lagi-lagi didapat menggunakan aplikasi AnTuTu. Perangkat yang diuji adalah tablet Onda V989, di dalam tablet ini terbenam prosesor octa core AllWinner A80T.

Tak seperti octa core milik MediaTek asal Taiwan yang seluruh core-nya berjalan tapi berarsitektur Cortex-A7, AllWinner A80T mengusung teknologi big.LITLE seperti halnya prosesor Samsung Exynos.

Artinya 8 core-nya dibagi dua, dimana 4 core berasitekstur Cortex-A7 utuk menangani beban ringan seperti mendengarkan musik, sedangkan 4 core lainnya yang berarsitektur Cortex-A15 disiapkan untuk menangani beban berat seperti bermain game.

Menariknya, meski berteknologi serupa seperti Exynos, nyatanya kinerjanya jauh di atas prosesor besutan Samsung itu. Hasi pengujian AnTuTu menunjukkan prosesor AllWinner A80T pada tablet Onda V989 sukses menorehkan hingga 48.102 poin.

Raihan itu jauh mengangkangi Exynos 5 yang digunakan oleh Galaxy Note 3 yang ‘hanya’ mendulang angka di kisaran 35 ribu poin. Termasuk bila dibandingkan dengan Snapdragon 801 pada HTC One M8 yang juga memperoleh nilai di kisaran yang sama.

Demi menunjang kinerjanya, AllWinner A80T disandingkan dengan chip grafis PowerVR Series6 G6230 yang bertenaga 64 core. Ditambah lagi, seperti dilansir Ubergizmo, Senin (23/6/2014), tablet Onda V989 juga dibekali RAM 2 GB, memori internal 32 GB dengan tambahan slot micro SD, dan kamera utama 8 MP serta kamera depan 2 MP. Gilanya, Onda V989 dibenamkan baterai berkemampuan super sebesar 10 ribu mAh untuk mentenagai semua jeroan tersebut.

Simak terus tentang info gadget terbaru.

Gadget-baru.com mencoba mengupas dan memberikan info tentang pergadgetan terkini.

Categories

Archives

Stats

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top