General

Prediksi Tren Teknologi yang Bakal Booming di 2014

Google dan Amazon diramal bakal bersaing ketat

Di jagat teknologi, tren begitu cepat berganti seiring pergantian tahun. Menarik untuk disimak, tren baru di tahun-tahun mendatang selepas 2013. Apa saja kiranya teknologi yang bakal booming di 2014?

Lembaga riset dan survei IDC punya prediksi mengenai teknologi yang bakal menjadi tren di 2014 mendatang. Setidaknya, ada sejumlah tema besar di jagat teknologi yang diprediksi bakal ‘meledak’.

Kendati hal tersebut sejatinya bukan sesuatu yang benar-benar baru, namun IDC yakin satu hal lainnya bahwa akan ada generasi baru penghasil miliaran dolar dari tren teknologi ini.

Apa sajakah tren tersebut? Berikut detikINET rangkum dari Business Insider, Rabu (4/12/2013).

1. Semakin Banyak Uang Dikeluarkan

IDC memprediksi, tahun depan akan semakin banyak orang atau perusahaan yang menggelontorkan uangnya untuk bidang IT. Bahkan jumlahnya diyakini naik 5% menjadi USD 2,1 triliun.

Di segmen end user, IDC memperkirakan akan ada pertumbuhan di penjualan smartphone dan tablet. Bahkan jumlahnya diprediksi akan semakin naik menjadi 15% dibandingkan tahun 2013.

Sedangkan di kalangan perusahaan besar, belanja modal akan banyak dihabiskan untuk data center. Terus melonjak dari sebelumnya, karena kebutuhan layanan, storage, networks, software, dan services, terus bertambah.

Namun dari pertumbuhan tersebut, IDC memprediksi hanya keuntungan penjualan PC saja yang tak banyak berubah, hanya berkutat di angka 6%.

2. Negara Berkembang Makin ‘Gila’ Teknologi

Di luar Amerika Serikat dan kawasan Amerika Utara, akan ada pasar potensial yang belum digarap secara maksimal. Bahkan IDC memperkirakan, belanja teknologi di negara-negara ini akan semakin menggila.

Tiga negara besar yang diprediksi akan semakin gila dalam belanja teknologi adalah Brasil, Rusia, dan China. Negeri Tirai Bambu yang dipredikisi memimpin dalam hal menghabiskan uang paling banyak.

IDC juga memprediksi bahwa, untuk pertama kalinya, negara-negara berkembang lainnya secara kolektif akan mulai menghabiskan dana besar pada teknologi. Ini termasuk negara-negara lain di Asia, Amerika Latin, Timur Tengah, dan Afrika.

3. Melambung ke ‘Awan’

Tahun depan adalah eranya tahun komputasi awan bagi perusahaan. Jika di 2013, perusahaan masih banyak yang pikir-pikir untuk alih daya ke cloud computing, maka tak demikian di 2014 nanti.

IDC memprediksi akan ada perputaran uang hingga USD 100 miliar yang dikeluarkan untuk solusi cloud compting, jumlahnya naik hingga 25%.

4. Pertempuran Google dan Amazon

Di pasar cloud computing, pertempuran besar akan terjadi, namun hanya mengerucut pada dua raksasa perusahaan, yakni Google dan Amazon. IDC mengharapkan, Amazon Web Service akan memimpin pasar layanan cloud, disusul Google.

Kendati demikian, perusahaan lainnya seperti Cisco, EMC, HP, IBM, Microsoft, VMware akan berusaha mengejar Amazon dan Google dalam solusi layanan cloud.

Intinya, semua akan serba cloud dan membuat industri serta pasar bergerak dinamis karena bergairah.

5. Perangkat Mobile Terus Tumbuh

Tren mobile device tak akan berhenti di tahun 2014. Penjualan tablet di seluruh dunia malah diyakini akan tumbuh 18% dan smartphone akan tumbuh 12% tahun depan,

Penjualan perangkat masih akan terus didominasi oleh Apple dan Samsung. Namun di tahun 2014, pengembang Android akan mulai mendapatkan banyak uang dari Android, meski tetap tak sebanyak di iOS.

Ini juga jelas bahwa 2014 akan menjadi tahun ‘make-it-or-break it’ untuk Microsoft di pasar ponsel melalui Windows Phone. Terlebih setelah raksasa software ini menuntaskan akuisisi unit bisnis ponsel Nokia. ref:detikInet

Simak terus tentang info gadget terbaru.

Gadget-baru.com mencoba mengupas dan memberikan info tentang pergadgetan terkini.

Categories

Archives

Stats

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top