General

Menyimak Kemampuan Mainboard Gigabyte GA-F2A85X-D3H

Mainboard Gigabyte GA-F2A85X-D3H diperuntukkan bagi pecinta prosesor AMD A-series

Tak dapat dipungkiri, geliat bisnis komponen PC sedikit demi sedikit mulai digerogoti oleh perangkat mobile seperti smartphone, tablet dan notebook. Pun demikian, kondisi ini tak menyurutkan vendor-vendor yang bergelut di industri PC untuk terus berinovasi.

Salah satunya juga dilakukan oleh Gigabyte. Mengandalkan mainboard dengan tipe GA-F2A85X-D3H, produsen asal Taiwan ini menawarkan berbagai fitur ciamik bagi pengguna prosesor AMD A-series.

1. Konektivitas Lengkap
Demi mengakomodir kebutuhan penggunanya yang beragam, bisa dibilang Gigabyte telah menyematkan konektivitas sangat lengkap pada mainboard garapannya ini.

Tengok saja port D-Sub, DVI-D, dan HDMI yang ketiganya dapat digunakan untuk menampilkan isi komputer pada layar monitor.

Ditambah lagi port SATA 3 yang jumlahnya mencapai 8 buah. Dengan jumlah sebanyak itu, pengguna dipastikan bakal lebih leluasa menggunakan berbagai mode penyimpanan hardisk seperti RAID 0,1, 0/1 demi transfer data cepat dan keamanan data yang lebih baik.

Selain itu dengan banyaknya port SATA 3 yang disediakan, kapasitas harddisk yang digunakan pun dapat melonjak signifikan hingga hitungan puluhan terabyte.

Melirik ke bagian interface, pengguna bakal menemukan sepasang slot PCIex16 2.0 yang memungkinkan memasang sepasang kartu grafis dalam mode Crossfire untuk Radeon dan SLi untuk GeForce.

2. Fitur Ciamik
Salah satu kelebihan GA-F2A85X-D3H yang cukup menarik adalah dukungan triple monitor yang ditawarkannya. Dengan fitur ini Gigabyte mengajak pengguna untuk merasakan sensasi Suroundview yang umumnya hanya ditawarkan oleh kartu grafis terpisah.

Adapun port yang digunakan adalah DVI-D, HDMI dan D-Sub yang telah disediakan. Namun pastikan driver yang tersedia diinstal terlebih dahulu, karena tanpa driver bawaannya mainboard ini hanya mampu menampilkan pada 2 monitor saja.

Kelebihan lain yang juga disodorkan adalah dual BIOS. Dengan kelebihan ini tentunya pengguna bakal jauh dari rasa khawatir bila terjadi crash pada biosnya, karena bios kedua akan mem-back up kejadian semacam itu.

3. Aplikasi Bawaan
Gigabyte membekali segudang aplikasi bawaan menarik yang dapat digunakan. Diawali dari aplikasi bernama Quick Boost, aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan tenaga ekstra dari prosesor.

Quick Boost

Jadi dalam aplikasi ini tersedia 3 pilihan tombol yang masing-masing mewakili kecepatan prosesor yang bakal ter-overclock secara otomatis. Sebagai contoh, misalnya kecepatan clock standar prosesor adalah 3,8 GHz, maka tombol pertama akan menawarkan kecepatan clock 3,99 GHz.

Sedangkan tombol kedua dan ketiga menyodorkan kecepatan yang lebih tinggi lagi yakni 4,13 GHz dan 4, 19 GHz. Namun setelah memilih salah satu pilihan tenaga ekstra tersebut pengguna wajib me-restart komputernya agar ubahan dapat langsung dirasakan.

Smart Recovery 2

Sesuai namanya, Smart Recovery 2 adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna melakukan backup berkala terhadap sistem.

Untuk mengunakannya, pada awalnya pengguna wajib menentukan lokasi backup sesuai yang diinginkannya. Selain pada komputer yang sama, lokasi backup juga bisa ditempatkan melewati jaringan LAN.

Setelah selesai, secara otomatis aplikasi Smart Recovery 2 akan melakukan backup berkala terhadap sistem yang digunakan setiap 1 jam sekali dalam bentuk image.

Secara prinsip, cara kerjanya memang mirip dengan fitur system restore bawaan Windows. Hanya saja aplikasi besutan Gigabyte ini membebaskan pengguna untuk menentukan lokasi backup yang diinginkannya.

Auto Green

Aplikasi yang satu ini terbilang menarik, dengan Auto Green pengguna dapat memfungsikan ponsel miliknya menjadi sebuah portable key untuk computer yang digunakan.

Cara kerjanya pun mudah, pengguna hanya perlu mem-pairing komputer dan ponsel miliknya lewat koneksi Bluetooth menggunakan aplikasi Auto Green.

Setelah terhubung, bila ponsel dibawa menjauh dari computer dimana koneksi Bluetooth sudah tak lagi tersambung, secara otomatis komputer akan memasuki mode sleep dan terkunci.

4. Spesifikasi
GA-F2A85X-D3H mengandalkan chipset AMD A85X yang dipersiapkan untuk memfasilitasi prosesor AMD A-series dan Athlon yang menggunakan soket FM2.

Adapun RAM yang didukungnya dapat dipastikan adalah jenis DDR3 dual kanal mulai dari kecepatan 1066 MHz hingga 1866 MHz dengan kapasitas maksimal 64 GB.

Untuk sektor grafis, chipset AMD A85X mendukung penggunaan teknologi grafis yang tertanam pada prosesor AMD A-series.

Asyiknya, GA-F2A85X-D3H juga telah mendukung implementasi dual grafis antara APU AMD A-series dan kartu grafis tambahan (hybrid-crossfire) demi mendapatkan kinerja grafis yang lebih mumpuni.

Beralih ke sektor audio, Gigabyte membekali GA-F2A85X-D3H dengan chip Realtek ALC892 yang telah mendukung tata suara hingga 7.1. Tidak luput koneksi USB 3.0 dan beberapa slot PCIe x1 dan PCI juga hadir bila pengguna berniat menambahkan peripheral tambahan seperti misalnya soundcard. ref:detikInet

Simak terus tentang info gadget terbaru.

Gadget-baru.com mencoba mengupas dan memberikan info tentang pergadgetan terkini.

Categories

Archives

Stats

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top