BlackBerry

BlackBerry Jakarta Tak Kalah Dibanding Seri BlackBerry 10

BlackBerry sangat berharap pada ‘BlackBerry Jakarta’ khusunya pada pasar Indonesia

BlackBerry JakartaSempat punya pengguna lebih dari 15 juta di Indonesia, atau 25% dari total 60 juta pengguna di seluruh dunia, Indonesia tentu sangat diandalkan BlackBerry. Maka, wajar saja jika vendor ponsel Kanada ini berharap banyak dengan hadirnya BlackBerry Jakarta.

Tentu bukannya tanpa alasan ketika BlackBerry lebih memilih untuk menggunakan nama sandi ibukota Indonesia sebagai produk terbarunya. Jakarta dianggap sebagai salah satu kota diharapkan bisa jadi juru selamat bisnis perusahaan.

Itu sebabnya, CEO BlackBerry John Chen, direncanakan hadir secara khusus untuk meresmikan peluncuran BlackBerry Z3 alias BlackBerry Jakarta di Indonesia pada bulan April ini. Ponsel ini rencananya akan dibanderol di bawah USD 200 atau sekitar Rp 2 juta.

Kehadiran John Chen jelas untuk menunjukkan keseriusan mereka menggarap Jakarta — dan Indonesia tentunya. Selain juga tentunya diharapkan untuk menjadi pemicu pendorong penjualan seri BlackBerry 10 yang sempat anjlok dalam setahun terakhir.

Di kuartal terakhir, BlackBery mengumumkan rugi bersih USD 423 juta. Alhasil, total kerugian untuk setahun penuh yang berakhir 1 Maret lalu menjadi USD 5,9 miliar. Kerugian BlackBerry ini kian dalam ketimbang tahun 2012 lalu yang merugi USD 628 juta.

Penurunan keuntungan tak bisa dilepaskan dari penjualan yang dicatat selama Oktober-Desember turun 18% menjadi USD 976 juta. Perusahaan mengatakan, menjual 3,4 juta unit BlackBerry di kuartal lalu, dan memangkas penumpukan stok sampai 30%.

Seperti dikutip dari TechCrunch, Selasa (8/4/2014), perangkat berbasis sistem operasi BlackBerry 10 hanya terjual sebanyak 1,3 juta unit. Sementara BlackBerry versi lawas dengan OS 7 masih lebih banyak terjual, sekitar 3,4 juta unit.

Hal yang mengejutkan adalah Indonesia menjadi negara yang paling banyak menggunakan aplikasi BlackBerry 10. Enam bulan lalu, Indonesia menguasai sekitar 43% penjualan BlackBerry 10, disusul Afrika Selatan 9%, Inggris,(9%), Kanada (8%), dan Amerika Serikat (7%).

Sedangkan di kuartal pertama ini Indonesia menyerap sekitar 24%, Kanada (11%), Amerika Serikat (9%), Arab Saudi (8%), dan Inggris (7%). BlackBerry di akhir tahun lalu memiliki kas untuk investasi jangka pendek senilai USD 2,5 miliar. Angka ini turun dibanding akhir November yang masih tersisa USD 3,1 miliar.

Dengan angka statistik ini, maka wajar saja jika BlackBerry berharap banyak dengan peluncuran BlackBerry Jakarta. Ponsel ini jelas sangat diharapkan untuk bisa mengatrol angka yang sudah disebut di atas.

Apalagi kalau melihat data dari IDC, dimana BlackBerry tercatat mengalami penurun dalam hal pengapalan, dari yang tadinya 300 ribu unit di kuartal ketiga tahun lalu, menyusut jadi 180 ribu unit di penghujung tahun.

“Kami pernah menjadi perusahaan bernilai USD 20 miliar dan bisa saja kembali mencapai tahun emas itu. Mungkin terdengar lucu saat ini, tapi kita tidak akan pernah tahu,” kata John Chen.

Kembali ke seri Z3 yang selama ini menggunakan sandi BlackBerry Jakarta, rencananya hadir tak lama lagi di Indonesia. Meski mengincar pengguna di segmen menengah bawah, BlackBerry Z3 tetap mempertahankan tampilan elegan ala seri BlackBerry Z.

Salah satu media online indonesia yang sudah memegang langsung ponsel dengan layar 5 inch layaknya Z30 ini merasa Z3 tak kalah menarik dengan seri BlackBerry 10 lainnya meski spesifikasinya sedikit lebih rendah.

Resolusi layarnya masih di bawah dengan 960×540 pixel. Sedangkan BlackBerry Z30 sendiri resolusi layarnya adalah 1280×720 pixel HD. Sementara kameranya memiliki kemampuan 5 megapixel di bagian belakang dan 1,1 megapixel di bagian depannya

BlackBerry Z3 yang rencananya juga akan diproduksi Foxconn untuk kali pertamanya di Indonesia nanti, kabarnya mengandalkan prosesor Snapdragon 400 dual-core dengan kecepatan 1,2 GHz, RAM 1,5 GB, dan memori internal 8 GB.

Simak terus tentang info gadget terbaru.

Gadget-baru.com mencoba mengupas dan memberikan info tentang pergadgetan terkini.

Categories

Archives

Stats

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top