BlackBerry

Mengenal Lebih Dekat BlackBerry Z30

BlackBerry akan memasarkan Z30 di Indonesia pada 23 November 2013

Meski tengah dirundung masalah, namun BlackBerry ingin membuktikan diri perusahaannya belum habis. Vendor asal Kanada ini masih ingin berbicara banyak di pasar smartphone dengan inovasi ponsel BlackBerry 10 terbarunya, Z30.

Selain menyodorkan spesifikasi tertinggi dibanding perangkat BlackBerry lainnya, sistem operasi BlackBerry 10 yang diusungnya pun merupakan versi teranyar yang menghadirkan berbagai improvisasi ciamik yang pastinya ditujukan demi kepuasan penggunanya.

Tak hanya itu, penggunaan material yang membalutnya pun termasuk dalam kategori premium. Menariknya lagi, tidak hanya membuat BlackBerry Z30 terlihat elegan, struktur bodinya pun kuat tahan banting.

Selain itu semua, BlackBerry Z30 juga masih menyimpan segudang kelebihan lainnya yang siap disodorkannya ke penggunanya. Penasaran seperti apa? Simak saja hasil review lengkap detikINET berikut ini.

1. Desain

Secara desain, BlackBerry Z30 layak dapat acungan jempol. Sekilas tampilan ponsel anyar besutan BlackBerry ini memang terlihat simpel, namun pemilihan warna elegan yang dikombinasikan dengan penggunaan material bernuansa karbon sukses menjadikannya tampak berkelas.

Nuansa elegan terasa kental ketika melirik bagian sisi yang melingkari BlackBerry Z30 dengan aksen warna silver. Makin terasa kala melongok ke area belakang dimana material ala karbon mendominasi seluruh permukaannya.

Beralih ke bagian depan, penggunanya pun langsung dimanjakan dengan permukaan mulus Gorilla Glass 2 yang berpadu dengan tampilan cemerlang layar SuperAMOLED yang diusungnya. Ayiknya, berkat penggunaan material ala karbon dan permukan mulus Gorilla Glass 2 di bagian depan dan belakangnya, pengguna tak perlu khawatir meninggalkan jejak sidik jari pada kedua permukaannya.

Sedangkan penempatan tombol-tombol operasional dan port-port pendukung tidak jauh berbeda dengan kebanyakan smartphone yang ditempatkan di bagian sisinya, yakni tombol power yang berdampingan dengan port audio 3,5 mm di bagian atas.

Diikuti oleh penempatan tombol volume di sisi kiri serta port micro USB dan mini HDMI di sisi kananya. Sementara itu untuk sisi bawah terdapat sepasang speaker mini yang posisinya agak menjorok ke arah belakang.

Untuk penempatan kameranya, posisinya tidak jauh berbeda dengan kebanyakan ponsel. Hanya saja BlackBerry meraciknya cukup ciamik, dimana kamera dan flash diletakkan dalam sebuah lingkaran oval yang dilindungi oleh kaca pelindung Gorilla Glass 2.

Sayangnya untuk ukuran ketebalan, BlackBerry Z30 masih harus mengakui para pesaingnya yang telah banyak menawarkan ukuran yang lebih ramping. namun berkat ketebalannya, Blackberry Z30 justru lebih mantap dalam genggaman.

2. Sistem Operasi Anyar

Dibandingkan perangkat BlackBerry sebelumnya, salah satu kelebihan BlackBerry Z30 dipastikan terletak pada sistem operasinya. Ponsel terbaru BlackBerry ini telah mengusung update terbaru BlackBerry 10.2 sebagai sistem operasinya.

Dibanding versi sebelumnya, sudah barang tentu update terbaru BlacBerry 10 ini memboyong sejumlah improvisasi. Salah satunya adalah sebuah fitur yang disebut sebagai BlackBerry Natural Sound. Fitur ini diklaim bakal menyodorkan kualitas voice yang lebih ciamik dan lebih terfokus.

Saat berada di lokasi yang ramai, kebanyakan pengguna smartphone akan mencari lokasi yang lebih sepi saat ingin menelepon ataupun menerima telepon. Berkat fitur BlackBerry Natural Sound, hal semacam itu tak perlu dilakukan lagi, fitur ini akan memfokuskan suara yang ada pada vokal sang penelepon saja, sementara suara lingkungan sekitar bakal otomatis mengecil seakan menjadi backsound.

Dengan kata lain, fitur ini bakal membuat percakapan menjadi lebih jelas, tidak sekedar saat melakukan aktivitas telepon, namun juga saat penggunanya menggunakan BBM voice ataupun BBM video call dari perangkat BlackBerry 10.

Kelebihan lain yang disodorkan Update BlackBerry 10.2 adalah kemudahan saat penggunanya menerima pesan masuk seperti BBM atau email. Pengguna tak perlu lagi membuka ponsel saat ingin membacanya, cukup dengan menyentuh notifikasi pesan pada lock screen, di bagian kanan notifikasi tersebut akan langsung tertampil isi pesan yang masuk.

3. Kinerja

Menyoal kinerjanya, dapat diakui kenyamanan saat menggunakan BlackBerry Z30 memang sedikit lebih baik dibandingkan perangkat Android. Hal ini dikarenakan BlackBerry Z30 memang menggunakan sistem operasi BlackBerry 10.2 yang memang dioptimalisasi khusus untuk perangkat BlackBery.

Aksi geser-menggeser dari satu aplikasi ke aplikasi lainpun terasa lancar tanpa jeda. Bahkan saat detikINET membuka beberapa aplikasi sekaligus, tetap saja kinerja yang disuguhkannya tetap memuaskan.

Untuk memberikan beban yang lebih tinggi lagi, detikINET pun mencoba memainkan game Real Racing bersamaan dengan aplikasi yang telah sebelumnya terbuka. Terbukti game besutan EA ini pun lancar dimainkan tanpa ada gejala lag sedikitpun. Bahkan saat dimainkan dalam waktu yang terbilang cukup lama.

Sayangya kelemahan BlackBerry 10 adalah ekosistem yang masih kalah jauh dibanding Android dan iOS. Belum lagi banyaknya aplikasi-aplikasi menarik yang mewajibkan penggunanaya untuk membayar untuk dapat merasakannya, sementara versi yang hadir pada Android dan iOS justru ditawarkan secara gratis.

4. Kamera

Untuk urusan kamera, BlackBerry Z30 yang mengusung kamera 8 MP memang harus mengakui ponsel-ponsel terbaru yang telah menawarkan kemampuan lebih baik. Namun untuk urusan kualitas, kamera 8 MP pada BlackBerry Z30 terbilang cukup menjanjikan.

Hal ini diumungkinkan berkat penggunaan 5 eleman lensa yang diusungnya. Belum lagi bukaan F/2.2 yang dimilikinya yang diklaim sangat membantu pada pengambilan gambar di kondisi minim cahaya.

Sedangkan untuk urusan video juga tidak kalah ciamik, kamera BlackBerry Z30 telah mendukung perekaman video hingga resolusi full HD (1080 pixel).

Sayangnya pilihan menu yang dimilikinya terbilang terbatas, pertama penggunanya hanya akan menemukan pilihan kamera, video, dan timeshift di bagian kanan atas. Sementara bila lanjut ke dalam menu, hanya terdapat pilihan switch camera, shooting mode, scene, flash dan ratio.

Jangan berharap menemukan settingan ISO pada menu kamera BlackBerry Z30, karena pilihan dasar seperti menentukan resolusi yang diinginkan pun tidak akan ditemui oleh penggunanya.

Meski begitu beberapa hasil jepretan yang dilakukan detikINET menggunakan kamera Blackberry Z30 memang terbilang cukup menjanjikan karena sukses manghasilkan padanan warna yang seimbang di seluruh bagian.

Namun untuk urusan detail, kamera BlackBerry Z30 masih harus mengakui keunggulan kamera dari ponsel-ponsel lain sekelasnya yang mampu menawarkan hasil jepretan yang lebih detail. Terbukti saat di-zoom, hasil jepretan dari kamera Blackberry Z30 cenderung kabur dan kurang fokus.

5. Ketahanan Baterai Memukau

Pengguna ponsel saat ini pasti sudah tidak asing dengan yang namanya powerbank. Ya, perangkat yang satu ini memang kerap menjadi pasangan ponsel untuk menghindari kehabisan daya di tengah aktivitas. Namun hal tersebut bisa jadi tak akan berlaku pada BlacBerry Z30.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan detikINET, ketahanan baterai BlackBerry Z30 memang tidak main-main. Dalam kondisi penggunaan aktif baterai berkapasitas 2880 mAh yang tertanam dalam BlackBerry Z30 sukses bertahan hingga mendekati 2 hari.

Sedangkan saat digunakan secara pasif atau lebih banyak dalam kondisi standby, BlackBerry Z30 mampu bertahan hingga 3 hari.

Kemampuan baterai yang terbilang mengagumkan ini pun disebut-sebut berasal dari penggunaan teknologi antena terbaru yang selain diklaim mampu mencegah kejadian drop call, tetapi juga dapat memperpanjang ketahanan baterai berkat kemampuan receiver tangguh yang dimilikinya.

Dengan kata lain, masalah sinyal jaringan naik-turun yang kerap dianggap sebagai salah satu faktor yang menguras baterai pun dapat dihindari. Sehingga ketahanan baterai dapat berjalan optimal tersalur untuk kebutuhan lainnya.

6. Tahan Banting

Bisa jadi inilah satu-satunya kelebihan BlackBerry Z30 yang mungkin belum tentu dimiliki ponsel sekelasnya. Ya, tahan banting! Struktur bodi yang diusung BlackBerry Z30 memang diklaim mampu bertahan dari kondisi tak terduga seperti misalnya secara tak sengaja terjatuh.

Meski begitu pihak Blackberry tetap menegaskan bahwa BlackBerry Z30 tidak sepenuhnya tahan terhadap benturan, karena ponsel terbarunya itu sejatinya memang belum memiliki sertifikasi ketahanan untuk mewakili hal tersebut.

Pun begitu saat diuji detikINET, BlackBerry Z30 memang terbukti tahan terhadap benturan. Dijatuhkan beberapa kali dari ketinggian setara dada orang dewasa, terbukti tidak ada sedikitpun goresan yang melukainya. Seluruh fungsi-fungsi yang ada pun berjalan normal tanpa ada kendala.

7. Spesifikasi

Berbicara spesifikasinya, ponsel yang telah mendukung teknologi seluler 4G ini dipastikan sebagai pengisi kasta tertinggi dibanding perangkat Blackberry lainnya. Tengok saja penggunaan prosesor Snapdragon S4 Pro dengan kecepatan clock 1,7 GHz yang diusungnya.

Belum lagi ditambah chip grafis Adreno 320 dan penggunaan RAM dengan kapasitas 2 GB yang membuat kinerjanya kian ngacir. Sedangkan untuk urusan penyimpanan BlackBerry Z30 menawarkan ukuran 16 GB yang masih dapat ditambah lewat slot micro SD yang tersedia.

Beralih ke sektor layar, BlackBerry Z30 menyodorkan ukuran 5 inch yang berjalan pada resolusi 1280×720 pixel. Kualitasnya pun terbilang wahid karena telah mengandalkan Super AMOLED sebagai teknologinya.

Untuk urusan penjepretan, BlackBerry mengandalkan kemampuan kamera 8 MP dengan LED flash yang menggunakan 5 jenis elemen lensa di dalamnya. Makin ciamik kala bukaan yang dimilikinya adalah F/2.2, membuatnya sanggup menghasilkan hasil mumpuni meski dalam kondisi minim cahaya. Selain itu kemampuan perekaman video yang disodorkannya pun telah mendukung resolusi full HD (1080 pixel).

Sektor kamera depan juga tidak kalah ciamik, meski hanya mengandalkan kemampuan 2 MP, soal perekaman video telah mendukung resolusi 1280×720 pixel.

Tidak luput BlackBerry juga menyematkan teknologi NFC dan sebuah port micro HDMI guna menampilkan isi layar BlackBerry Z30 pada layar yang lebih lebar.

Asyiknya, berkat sebuah fitur anyar yang dimilikinya, saat pengguna menonton film di layar monitor yang terhubung pada micro HDMI Blackberry Z30, pengguna juga tetap dapat menggunakan BlackBerry Z30 miliknya seperti misalnya mengecek pesan masuk tanpa menginterupsi film yang berjalan.

Baterainya sendiri mengusung kemampuan 2880 mAh yang diklaim sanggup bertahan hingga 25 jam dalam penggunaan aktif. ref:detikInet

Berikut spesifikasi lengkap BlackBerry Z30:

  • Prosesor Qualcomm Snapdragon S4 Pro 1,7 GHz
  • Chip grafis Adreno 320
  • RAM 2 GB
  • Memori internal 16 GB, hot swappable micro SD slot
  • Layar 5 inch SuperAMOLED 1280×720 pixel 295 ppi
  • Kamera 8 MP, 5 elemen, F/2.2, 5x digital zoom, 1080p recording, LED flash
  • Kamera depan 2 MP, 720p recording
  • NFC, WiFi, Bluetooth 4.0 LE
  • Micro HDMI
  • Dukungan jaringan 4G
  • Baterai 2880 mAh

Simak terus tentang info gadget terbaru.

Gadget-baru.com mencoba mengupas dan memberikan info tentang pergadgetan terkini.

Categories

Archives

Stats

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top