Android

Perbandingan Antara Redmi Note 2 dan ZenFone 2

Redmi Note 2 dan ZenFone 2 merupakan ponsel berteknologi mumpuni dibandrol dengan harga murah

Redmi Note 2 dan ZenFone 2Asus telah merilis ZenFone 2 sebagai jagoan terbarunya. Sedangkan dalam waktu dekat Xiaomi bakal meluncurkan Redmi Note 2 yang juga punya spesifkasi tak kalah mumpuni. Bagaimana bila keduanya dibandingkan?

Kesamaan kedua ponsel tersebut adalah punya daya tarik di harganya yang masuk kategori terjangkau. Padahal spesifikasi yang diusungnya biasanya cuma bisa ditemukan di ponsel-ponsel kelas menengah hingga atas.

Pun begitu, meski punya bentang yang sama-sama 5,5 inch, baik ZenFone 2 ataupun Redmi Note 2 punya jeroan berbeda. Tapi justru karena itulah kedua ponsel yang cukup dinanti ini jadi menarik untuk dibandingkan. Berikut ulasannya.

1. Prosesor Kencang

Perbandingkan dimulai dari sektor prosesor, Asus memastikan ZenFone 2 akan dibekali Intel Atom Z3850 yang punya teknologi quad core. Kecepatan prosesor ini juga cukup tinggi yakni mencapai 2,3 GHz yang mana kecepatan tersebut setara dengan yang dimiliki prosesor kelas atas saat ini.

Petinggi Asus juga sesumbar meski prosesor Intel Atom Z3850 masih berteknologi quad core, tapi kinerjanya mampu mengimbangi prosesor octa core yang beredar saat ini. Tapi disebutkan pengujiannya menggunakan aplikasi benchmark milik Asus sendiri. Jadi sepertinya klaim tersebut masih harus dibuktikan lagi.

Sedangkan Redmi Note, dari gosip yang ada menyebut ponsel ini akan dibekali prosesor Snapdragon 615. Sebagai informasi, seri Snapdragon 600 dulunya adalah prosesor kelas atas sebelum hadirnya seri Snapdragon 800. Jadi kinerjanya seharusnya bakal sangat mumpuni.

Selain itu Snapdragon 615 juga telah menyodorkan teknologi octa core dan mendukung teknologi 64 bit. Artinya, bila dibanding ZenFone 2 yang dibekali prosesor quad core, Redmi Note 2 punya sedikit keunggulan di sektor ini.

2. RAM 4 GB

Ponsel yang menggunakan RAM 2 GB sebenarnya sudah banyak, tapi hanya beberapa saja yang dibanderol terjangkau yang di antaranya adalah Redmi Note 2 dan juga ZenFone 2.

Besaran RAM 2 GB yang diusung keduanya memang menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Karena berkat hal itu pengguna bisa merasakan kinerja yang cepat dan terhindar dari gejala lag yang biasa dialami oleh ponsel dengan RAM yang lebih kecil.

Namun bagi pengguna ZenFone 2 dipastikan bakal dapat kinerja yang lebih cepat lagi. Karena bila Redmi Note 2 cuma ada pilihan RAM 2 GB, maka ZenFone 2 juga punya pilihan RAM berukuran 4 GB! Menariknya lagi, kapasitas RAM tersebut juga telah berjalan di kanal ganda 128 bit, seperti halnya pada PC.

Jadi untuk sektor yang satu ini, Redmi Note harus mengaku kalah dari ZenFone 2 yang didaulat sebagai ponsel pertama yang menggunakan RAM 4 GB.

3. Desain Premium

Soal desain, sebenarnya kembali ke masalah selera masing-masing pengguna. Tapi bila bicara soal material yang digunakan, ZenFone 2 bisa dibilang lebih baik bila dibanding Redmi Note 2.

Karena seperti detikINET kutip dari Mashable, Selasa (6/1/2015), ponsel anyar Asus ini disebutkan dibalut oleh material metal di sekujur bodinya. Sementara Redmi Note 2, meski masih harus dibuktikan saat peluncurannya, sepertinya tetap akan mengandalkan bodi plastik seperti generasi pertamanya, Redmi Note.

Berkat hal itu, ZenFone 2 memang akan terlihat lebih premium dibanding Redmi Note 2. Tapi soal variasi, pengguna Redmi Note justru lebih punya banyak pilihan. Karena biasanya Xiaomi juga menyediakan aksesoris back-cover yang punya beragam motif menarik. Sehingga pengguna Redmi Note bisa bebas gonta-ganti warna ponselnya.

4. Kamera Ciamik

Kamera Redmi Note 2 dan ZenFone 2 punya kemampuan yang sama-sama 13 MP. Namun Asus mengklaim kamera ZenFone 2 lebih baik karena bisa menghasilkan gambar High Dynamic Range yang punya tingkat kontras seimbang.

Bahkan petinggi Asus sesumbar hasil jepretan kamera ZenFone 2 lebih baik bila dibandingkan kamera Galaxy S5 dan iPhone 6.

Sedangkan Xiaomi tak muluk-muluk soal kamera Redmi Note 2 karena memang hingga saat ini tak ada bahasan spesifik soal kemampuannya. Pun begitu, bila berkaca dari Redmi Note, kualitas jepretannya terbilang lumayan namun memang belum mampu mengimbangi ponsel-ponsel di atasnya.

Lagipula Xiaomi sendiri memang lebih fokus pada performa. Contoh nyatanya adalah OS MIUI yang selama ini serius digarapnya.

5. Layar Full HD Jadi Standar

Dulunya layar FHD (1920×1080 pixel)hanya bisa dirasakan oleh pengguna yang memakai ponsel kelas atas. Mungkin Redmi Note 2 akanjadi ponsel pertama yang merusak tradisi tersebut, karena kabarnya ponsel ini akan dihargai sekitar Rp 1,8 jutaan.

Selain sama-sama mengusung resolusi layar FHD, baik ZenFone 2 maupun Redmi Note 2 juga punya bentang layar 5,5 inch. Begitu juga dengan memori internalnya yang sama-sama punya kapasitas 16 GB. Bahkan pasokan dayanya juga berasal kemampuan baterai yang sama yakni sekitar 3000 mAh.

Tapi bila melongok sistem operasinya, tampilan OS Redmi Note akan terlihat sedikit berbeda dengan kebanyakan ponsel Android. Karena selain punya desain ala iOS, MIUI yang merupakan OS besutan Xiaomi juga tak punya tampilan home.

Sedangkan ZenFone 2 yang dibekali Zen UI punya tampilan seperti ponsel Android lainnya. Bedanya hanya terletak di ikon-ikon yang jadi khas Zen UI, yang ditambah beragam fitur tambahan lainnya.

6. Harga Menggoda

Dari semua perbandingan di atas, mungkin bagian inilah yang paling penting. Ya, soal harga, karena sebagian besar pengguna kerap berpatokan pada harga yang harus dibayar ketika ingin membeli ponsel.

Dengan spesifikasi yang dimilikinya Redmi Note 2 kabarnya akan dibanderol sebesar USD 145 atau sekitar Rp 1,8 jutaan. Sedangkan saat masuk Indonesia kemungkinan harganya akan berada di angka Rp 1,99 juta, seperti pendahulunya Redmi Note.

Sementara ZenFone 2 dibanderol lebih mahal yakni sebesar USD 199 atau setara Rp 2,5 juta. Tapi pengguna akan mendapat bodi metal yang membuatnya tampak premium. Sedangkan bila pengguna menginginkan varian ZenFone 2 yang pakai RAM 4 GB, harga yang harus dibayar sepertinya bakal lebih tinggi.

Sayangnya sejauh ini belum ada informasi berapa harga yang akan diusungnya. Padahal dengan RAM 4 GB, ZenFone 2 jadi salah satu ponsel yang cukup dinanti di tahun 2015.

Simak terus tentang info gadget terbaru.

Gadget-baru.com mencoba mengupas dan memberikan info tentang pergadgetan terkini.

Categories

Archives

Stats

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top