Android

Kumpulan Pengalaman Orang Yang Mengalami Masalah Setelah Update Lollipop

Berikut beberapa permasalahan setelah update Android Lollipop

Android 5.0 LollipopSebagai sistem operasi baru, Android 5.0 Lollipop ternyata belum semanis yang dibayangkan. Antusiasme user untuk mencicipi Lollipop ternyata harus berakhir dengan cerita pahit.

Dalam setiap versi anyar OS Android yang ditelurkan oleh Google tentu mempunyai sejumlah perbaikan atau penambahan fitur dibanding OS sebelumnya. Desainnya pun biasanya akan mengalami perubahan, yang tentu akan menyegarkan mata.

Maka tak aneh jika banyak pengguna Android yang sabar menanti pembaruan OS itu mampir di perangkatnya, salah satunya adalah Android 5.0 Lollipop.

Namun sayangnya, banyak pengguna yang melaporkan masalah-masalah yang mereka alami setelah melakukan upgrade ke Android Lollipop. Berikut cerita pahit pengguna soal bug yang ditemui di Lollipop yang detikINET kumpulkan dari berbagai sumber:

1. Video YouTube

Bug yang dimaksud terasa saat pengguna Nexus 7 versi tahun 2013 menjalankan aplikasi YouTube dan memutar salah satu video di dalamnya. Dalam kondisi sambungan internet lancar, seharusnya video akan segera bisa ditonton.

Namun pengguna yang baru meng-update Lollipop itu mengaku cuma melongo. Lantaran malah keluar pesan ‘problem while playing’. Belum jelas apakah masalah ini hanya terjadi saat melakukan streaming video dari YouTube atau juga berlaku untuk semua file video.

2. Kamera

Kamera di perangkat Nexus, dilaporkan tak bisa diakses alias error dengan satu pesan singkat ‘Can’t Connect to the camera’.

Beberapa pengguna yang sudah me-reboot Nexus dan bisa masuk ke kamera, ternyata juga harus menghadapi beberapa masalah lagi. Yakni tak bisa menyalakan fitur flashlight.

3. SMS

Sejumlah pengguna Nexus 4 dan 5 mengeluhkan kalau mereka tak bisa mengirim SMS setelah memperbarui perangkatnya itu ke Android Lollipop.

Masalah ini menimpa sejumlah pengguna Nexus 4 dan 5 yang menggunakan operator-operator tertentu seperti Vodafone Belanda, India, dan Mobistar Belgia. Ketika mengirimkan SMS, mereka hanya mendapatkan pesan ‘Error Code 38′.

4. WiFi

Ini adalah masalah yang kerap terjadi setiap perilisan OS anyar — tak cuma Google. Lollipop adalah salah satunya. Banyak pengguna Nexus 5 dan 10 mengeluhkan bahwa koneksi internetnya sering terputus tanpa sebab ketika menggunakan WiFi.

Ada juga yang mengeluhkan kalau perangkatnya tak bisa menangkap sinyal WiFi dari router tertentu, padahal perangkat lain bisa menerima sinyal tersebut tanpa ada masalah.

5. Baterai Boros

Masalah ini dialami oleh sejumlah pengguna Android Lollipop, yang merasa bahwa konsumsi baterai perangkatnya terlampau boros pasca menggunakan OS ini.

Hal ini berkaitan dengan masalah WiFi yang sudah disebutkan sebelumnya, karena perangkat akan terus-terusan mencari sinyal WiFi yang akan membuat baterai menjadi boros. Namun ada juga yang menyebutkan bahwa ini disebabkan oleh ketidakcocokan antara OS anyar ini dengan sejumlah aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya.

Android Lollipop versi awal di Nexus 5 pun sebenarnya pernah mempunyai masalah yang serupa. Namun Google telah memperbaiki bug tersebut.

6. Kompabilitas dengan Adobe Air

Beberapa pengguna perangkat dengan OS Android Lollipop juga menyatakan bahwa mereka tak bisa menggunakan aplikasi yang berbasis Adobe Air. Ketika mereka membuka aplikasi berbasis Air, maka akan muncul pesan error berbunyi ‘Unknown error code during application install: “-505″‘.

Air adalah aplikasi yang membolehkan developer untuk memanfaatkan Adobe Flash dan Dreamweaver untuk menciptakan software lain.

Game yang memanfaatkan Air antara lain adalah Machinarium, Hero Mages, dan Empire Four Kingdom. Sementara untuk aplikasi non game antara lain Instaweather Pro, dan Conqu.

Simak terus tentang info gadget terbaru.

Gadget-baru.com mencoba mengupas dan memberikan info tentang pergadgetan terkini.

Categories

Archives

Stats

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top