Android

Ponsel Yang Jadi Lawan Sepadan RedMi 1S

Berikut merupakan ponsel yang jadi lawan Xiaomi RedMi 1S

Xiaomi RedMi 1S Hanya dengan dibanderol Rp 1,5 juta, RedMi 1S memang menyita perhatian. Meski demikian, ia bukan tanpa lawan, banyak ponsel sekelasnya di Indonesia yang juga menyodorkan kelebihan serupa. Baik dari sisi spesifikasi hingga harga mirip dengan yang disodorkan RedMi 1S. Bahkan bisa dibilang ponsel pesaingnya kebanyakan justru berasal dari produsen yang lebih populer dibanding Xiaomi.

Memang dari sektor harga, Xiaomi sedikit unggul, namun ponsel yang ditawarkan produsen lainnya juga tak kalah ciamik bila menilik fitur-fitur yang dimilikinya.

Tetapi yang harus diingat adalah, penjabaran di sini masih sebatas komparasi di atas kertas. Belum tentu spesifikasi yang sedikit lebih rendah lantas dapat menang mutlak begitu saja. Sebab suatu performa itu mencakup keselarasan software dan hardware yang diracik si vendor.

Inilah beberapa ponsel yang bisa jadi lawan RedMi 1S :

1. Moto G

Moto GMoto G merupakan ponsel menengah besutan Motorola yang dibekali spesifikasi yang sama seperti yang digunakan oleh RedMi 1S.

Ponsel ini dibekali prosesor Snapdragon 400 dengan kecepatan 1,2 GHz, besaran RAM 1 GB, dan pilihan memori internal 8 GB dan 16 GB.

Layarnya memiliki bentang 4,5 inch dengan resolusi HD (1280×720 pixel) dan menawarkan kamera dengan kemampuan 8 MP dan 1,3 MP untuk kamera depan. Adapun sebagai pemasok dayanya, Motorola mempercayakan pada baterai 2350 mAh.

Dibandingkan Moto G, RedMi 1S unggul di kecepatan prosesor yang lebih tinggi dengan 1,6 GHz dan bentang layar yang sedikit lebih luas dengan 4,7 inch.

Apalagi di sektor harga, Moto G versi 8 GB ditawarkan senilai Rp 1,95 juta, sedangkan RedMi 1S lebih murah dengan Rp 1,5 juta.

Pun begitu, Moto G punya keunggulan di sistem operasi yang lebih cepat mendapat update dari Google. Sementara pengguna Xiaomi, harus menunggu versi MIUI terbaru untuk mendapat update dengan waktu tunggu yang tak sebentar.

2. ZenFone 5

ZenFone 5Bila Moto G berhadapan langsung dengan RedMi 1S secara spesifikasi, maka ada ZenFone 5 yang mengandalkan chip berbeda namun masih sekelas.

Ponsel besutan Asus ini dibekali prosesor dual core Intel CloverTrail+ berkecepatan 1,6 GHz. Namun besaran RAM Zenfone 5 unggul dengan kapasitas 2 GB.

Pilihan memori internalnya sama-sama menawarkan ukuran 8 GB dan 16 GB. Begitu juga kameranya yang juga menyodorkan kemampuan 8 MP dan kamera depan 2 MP. Namun sesuai namanya, bentang ZenFone 5 adalah 5 inch dengan resolusi yang juga HD (1280×720 pixel).

Bagaimana saat dibandingkan dengan RedMi 1S? Dapat terlihat ZenFone 5 unggul di besaran RAM yang jelas bakal sangat mempengaruhi kinerja. Sayangnya untuk mendapat hal tersebut, konsumen harus membayar selisih yang lumayan yakni senilai Rp 2,2 Juta.

3. Nexus 4

Nexus 4Tak seperti RedMi 1S yang menempati segmen menengah-bawah, Nexus 4 sejatinya masuk kategori ponsel kelas menengah. Namun secara kinerja ternyata ponsel ini berada di kelas yang ditempati RedMi 1S saat ini.

Itu karena Nexus 4 masih dibekali prosesor Snapdragon S4 Pro yang sudah terbilang ketinggalan zaman.

Dibandingkan Snapdragon 400 yang digunakan RedMi 1S, prosesor yang dulu masuk kategori kelas atas ini nyatanya memang memiliki performa yang tak jauh berbeda.

Namun Nexus 4 menang di besaran RAM yang mencapai 2 GB. Sedangkan ukuran memori internal yang ditawarkan sama dengan yang lainnya berupa pilihan 8 GB dan 16 GB. Begitu juga kemampuan kameranya yang juga 8 MP dipadu dengan kamera depan 1,3 MP.

Pun demikian, menyoal dukungan sistem operasi Android, RedMi 1S dipastikan harus bertekuk lutut pada ponsel besutan Google ini. Karena Nexus 4 akan selalu menjadi yang pertama bersama perangkat Nexus lainnya untuk merasakan update terbaru Android tiap kali dirilis Google.

Sedangkan pengguna RedMI 1S harus menunggu sampai pengembang MIUI merilis update terbaru yang waktunya mungkin berselisih cukup lama dengan yang dirilis Google.

Tapi lagi-lagi bila bicara harga RedMi 1S tetap unggul dengan banderol sebesar Rp 1,5 juta. Sedangkan Nexus 4, kisaran harga second-nya juga masih tinggi yakni Rp 2,5 juta. Meski begitu sejumlah konsumen mengganggap harga tersebut masih lebih layak ketimbang memboyong RedMi 1S.

4. Oppo Find 5 Mini

Oppo Find 5 MiniSelain Xiaomi, produsen China lainnya yang memiliki produk yang terbilang sepadan adalah Oppo dengan Find 5 Mini. Ponsel ini juga menggunakan prosesor yang sama dengan Nexus 4 yakni Snapdragon S4 Pro.

Karena dibuat Oppo untuk mengincar kelas menengah-atas, besaran RAM-nya juga cukup mumpuni dengan ukuran 2 GB. Begitu juga memori internalnya yang pilihannya lebih besar yakni 16 GB dan 32 GB.

Termasuk sektor kameranya yang juga sangat mumpuni dengan kemampuan 13 MP yang sangat mungkin dibekali sensor Owl. DItambah lagi layar 5 inch yang dimilikinya juga menawarkan resolusi FHD (1920×1080 pixel).

Memang dibandingkan RedMi 1S, spesifikasi Find 5 Mini bisa dibilang jauh di atasnya. Namun bila bicara performa, ponsel Xiaomi yang cuma dibanderol Rp 1,5 juta sangat bisa mengimbangi berkat prosesor Snapdragon 400 yang diusungnya.

Tapi untuk fitur lainnya RedMi 1S dipastikan harus mengalah. Pun demikian konsumen harus merogoh kocek yang tak sedikit untuk menebusnya yakni sebesar Rp 3,7 juta.

5. Andromax i3s

Andromax i3sDengan banderol setara — sama-sama Rp 1,5 juta — Andromax i3S masuk kategori ponsel yang dianggap sepadan dengan RedMi 1S.

Walau harus diakui soal prosesor yang digunakan Andromax i3S memang masih berada di bawahnya karena hanya dibekali prosesor quad core Snapdragon yang tak jelas tipenya (kemungkinan Snapdragon S4 Play).

Besarannya sama persis yakni 1 GB, tapi memori internalnya hanya setengah dari RedMi 1S yakni 4 GB. Begitu juga kameranya yang cuma 5 MP, termasuk bentang layar yang meski lebih besar dengan 5 inch namun resolusinya hanya mentok di qHD (960×540 pixel).

Melihat hal tersebut, RedMi 1S memang jelas terlihat lebih baik dibanding Andromax i3S. Namun sebagai ponsel lokal dengan komunitas terbesar, ponsel ini tetap tak bisa dianggap remeh. Apalagi ponsel yang dipasarkan oleh Smartfren tersebut memiliki jaringan penjualan yang jauh lebih luas dibanding Xiaomi, apalagi soal purna jual.

Simak terus tentang info gadget terbaru.

Gadget-baru.com mencoba mengupas dan memberikan info tentang pergadgetan terkini.

Categories

Archives

Stats

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top